Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Makna Lahirnya Sumpah Pemuda

Mengenal Makna Lahirnya Sumpah Pemuda

Serang, Bantentv.com – Sumpah Pemuda adalah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Bunyi janji Sumpah Pemuda yaitu “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Janji Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para pemuda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia perlu mengetahui maknanya.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah lima makna Sumpah Pemuda:

  1. Menekankan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi. Tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 36 bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi. Oleh sebab itu, rasa bangga akan bahasa Indonesia perlu ditekankan oleh pemuda pemudi Indonesia.

  1. Menjaga keutuhan bangsa

Menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang penting dilakukan oleh masyarakat karena dengan adanya kehadiran rasa nasionalisme dalam jiwa pemuda berimbas pada keutuhan bangsa, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang tak mudah terpecah belah.

  1. Mendorong semangat juang generasi muda Indonesia

Semangat membara pada generasi muda yang mencetuskan Sumpah Pemuda saat itu bisa menambah energi positif para generasi yang akan datang. Selain itu, semangat dalam Sumpah Pemuda dapat menjadi contoh bagi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah dan melalukan sesuatu bagi bangsa Indonesia.

  1. Memaknai rasa cinta tanah air

Sumpah Pemuda pun menyumbang gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta pemuda pemudi pada bangsa Indonesia. Tindakan yang nyata dan tulus merupakan wujud dari rasa cinta kepada tanah air. Termasuk pula mencintai keragaman budaya, agama dan masyarakat.

  1. Menyatukan Perjuangan Bangsa Indonesia

Lahirnya sumpah pemuda menjadi titik awal perjuangan para anak muda. Saat itu, pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR