Selasa, Juni 25, 2024
BerandaBeritaMendagri Putuskan Nama Penjabat Gubernur di 3 Provinsi Baru

Mendagri Putuskan Nama Penjabat Gubernur di 3 Provinsi Baru

Serang, Bantentv.com – Terhitung sejak 30 Juni 2022 lalu, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi. Jumlah ini bertambah tiga dari jumlah awal sebanyak 34 provinsi di Indonesia. Tiga provinsi baru ini merupakan pemekaran dari Provinsi Papua. Ketiga provinsi baru tersebut adalah Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Dilansir dari berbagai sumber, meski sudah ditetapkan sejak Juni lalu, Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua serta melantik Penjabat Gubernur untuk memimpin wilayah tersebut pada Jumat, 11 November 2022.

Provinsi Papua Tengah yang meliputi wilayah Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Dogiyai, Puncak, Intan Jaya, dan Deiyai dipimpin oleh Ribka Haluk. Selanjutnya, Provinsi Papua Selatan yang meliputi wilayah Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat dipimpin oleh  Apolo Safanpo. Sedangkan Provinsi Papua Pegunungan yang meliputi wilayah Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya, dan Nduga dipimpin oleh Nikolaus Kondomo.

Ketika PJ Gubernur tersebut dilantik berdasarkan Keppres 115/P/2022 tentang Pengangkatan PJ Gubernur di Wilayah Papua. Adapun tujuan dibentuknya tiga provinsi baru di Papua ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hadirnya provinsi baru ini diharapkan akan mempermudah pemerataan pembangunan bagi rakyat Papua., seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR