Kamis, Juli 25, 2024
BerandaInHouseFeatureMusim Durian Tiba, Berikut Tips & Trik Memiilih Durian agar Tidak Zonk

Musim Durian Tiba, Berikut Tips & Trik Memiilih Durian agar Tidak Zonk

Bantentv.com – Belakangan ini sudah memasuki musim buah durian di Indonesia. Musim durian di Indonesia biasanya mulai dari bulan September hingga Februari.

Buah yang memiliki kulit berduri dan daging yang lembut ini tengah banyak ditemukan dengan mudah di toko buah ataupun di pinggir jalan.

Meski begitu, banyak orang yang belum mengetahui cara memilih durian yang bagus. Kamu tidak boleh asal memilih durian karena bisa-bisa durian yang didapat malah kurang baik kualitasnya.

Berikut tips memilih durian yang  baik dan ciri buah durian yang manis dan matang:

  1. Pilih durian yang bentuknya bulat

Durian yang berbentuk bulat biasanya memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan dengan buah yang memiliki bentuk lonjong.

  1. Berat yang ringan

Pilihlah durian yang ringan, kebanyakan orang mengira bahwa semakin berat buah durian yang dipilih maka akan semakin banyak isinya. Namun, persepsi tersebut ternyata salah, durian yang beratnya ringan justru adalah durian yang banyak isisnya. Durian yang memiliki bobot yang ringan menandakan buah durian tersebut matang dan semakin banyak isinya.

  1. Tangkai tebal dan pendek

Selanjutnya pilihlah durian dengan tangkai yang tebal dan pendek. Durian yang tangkainya tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buahnya tebal dan banyak. Sebaliknya, jika tangkainya panjang dan ramping biasanya tanda bahwa dagingnya sedikit dan tidak terlalu tebal.

  1. Duri yang pendek dan jarang

Memilih dan memperhatikan bentuk duri juga bisa menjadi parameter rasa yang dimiliki durian. Durian yang memiliki duri pendek dan jarang dipercaya memiliki rasa yang lebih manis.Sedangkan durian yang durinya lebih panjang dan rapat maka biasanya dagingnya sedikit.

  1. Bunyi ketukan yang berat

Tanda durian yang matang jika diketuk bunyinya akan terasa lebih berat dan terendam seperti “bluk-bluk”. Sedangkan jika suaranya seperti rongga, bisa jadi tanda durian tersebut tak lagi segar.

  1. Aroma yang harum

Durian dengan aroma harum biasanya memiliki daging kuning dan manis. Untuk mengetahui aroma durian, kamu bisa mengangkat durian dan mendekatkannya ke hidung. Durian yang kualitasnya baik akan memberikan aroma harum yang sangat khas walaupun belum dibelah.

Nah itulah tips memilih durian, jangan sampai salah pilih lagi yaaa.(erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR