Selasa, Juni 25, 2024
BerandaInHouseCara Meminimalisir Bau Sepatu dengan Sederhana

Cara Meminimalisir Bau Sepatu dengan Sederhana

Bantentv.com – Sepatu merupakan alas kaki yang biasa dipakai sehari-hari untuk berpergian atau berolahraga. Namun dengan digunakan untuk berbagai aktivitas terkadang membuat sepatu yang dipakai sehari-hari tidak mendapatkan perawatan yang baik hingga menyebabkan bau tidak sedap. Bau tak sedap pada sepatu disebabkan karena keringat yang bercampur dengan bakteri. Selain itu, sepatu yang bau disebabkan adanya jamur pada kaki yang dipicu kondisi lembab di dalam septum. Untuk itu ada beberapa tips menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Dilansir beberapa sumber berikut tips menghilangkan bau sepatu :

Bubuk kopi

Bubuk kopi biasanya dipakai untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya mudah, cukup dengan menaruh bubuk kopi di dalam sepatu yang telah dibungkus oleh tisu, sebelum kopi dimasukkan ke dalam sepatu pastikan dalam kondisi bersih dan kering kemudian diamkan bubuk kopi tersebut selama semalaman.

Baking soda

Baking soda adalah pewangi alami yang bisa menyerap bau dan bakteri. Caranya taburkan baking soda ke dalam sepatu kemudian diamkan semalaman kemudian keesokan harinya bersihkan baking soda di dalam sepatu dengan menggunakan sikat.

Minyak atsiri

Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Caranya cukup teteskan minyak atsiri ke dalam sepatu, tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu. Untuk mengunci bau minyak atsiri, lalu diamkan selama semalaman kemudian keluarkan kertas pada pagi harinya.

Menggunakan cuka

Cuka dapat menetralkan bau dan melawan bakteri di sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan cuka cukup dengan mencampurkan cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Lalu kocok botol agar tercampur kemudian semprotkan ke sepatu dan biarkan mengering.

Menjemur sepatu

Cara menjemur sepatu ini sangat mudah dilakukan karena menjemur sepatu dapat menghilangkan kelembapan berlebih, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan bau. Caranya cukup dengan meletakkan sepatu di bawah sinar matahari yang terik selama beberapa jam setelah dipakai agar benar-benar kering sebelum dipakai lagi.

Kantong teh

Teh hitam dalam kemasan kantong mengandung tanim, yaitu zat yang akan berfungsi untuk membunuh bakteri yang menumpuk di sepatu dan membantu menghilangkan baunya. Caranya dilakukan dengan memasukkan kantung teh ke dalam air mendidih selama dua hingga tiga menit kemudian keluarkan kantong teh dan biarkan dingin, lalu tempatkan kantong teh di dalam sepatu sekitar satu jam setelah itu keluarkan dan bersihkan sisa cairan yang bertinggal di dalam sepatu.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR