Kamis, Juli 25, 2024
BerandaInHouseAsal Usul Warung Burjo

Asal Usul Warung Burjo

Bantentv.com – Warung burjo adalah kedai atau warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang banyak dijumpai di Indonesia. Pada umumnya warung burjo ini menjual bubur kacang ijo tetapi ada juga makanan dan minuman yang lain. Warung burjo ini berasal dari tanah sunda, dikarenakan hampir semua yang mengelola atau yang berjualan di warung burjo adalah orang Jawa Barat.

Pada masa kemerdekaan, masyarakat masih kesusahan dalam upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kemudian, seorang Lurah menemukan resep membuat kacang hijau lalu dijual keliling dengan pikulan dan terbilang laku. Dari situ, membuka sebuah warung untuk menjajakan bubur kacang hijau. Kesuksesan tersebut banyak ditiru oleh masyarakat Kuningan dan akhirnya banyak yang membuka warung burjo hingga keluar daerah Jawa Barat.

Pada dasarnya warung burjo ini penjualnya kebanyakan laki-laki sehingga sering disapa dengan panggilan ‘’aa’’ yang sama dengan sapaan ‘’mas’’ dalam bahasa Jawa atau ‘’abang’’ dalam bahasa Betawi. Namun, ada juga perempuan yang berjualan burjo sehingga biasa disapa’’teteh’’ atau ‘’teh’’ yang sama dengan ‘’mba’’ dalam bahasa Jawa atau bahasa Indonesianya ‘’kakak’’. Hal ini dikarenakan warung burjo berasal dari Kuningan, Jawa Barat maka tidak heran kebanyakan penjual warung burjo biasa dipanggil dengan sapaan tersebut.

Awalnya warung burjo hanya menjual bubur kacang hijau, namun lama-kelamaan beberapa menu ditambahkan seperti nasi rames, mie instan, nasi goreng, dan berbagai minuman dingin ataupun panas. Selain itu, warung burjo ini identik dengan warna cat kuning dan bersponsor dari produsen mie instan. Maka dari itu spanduk dari warung burjo biasanya banyak ditulis ‘warmindo’ bukan warung burjo.

Warung burjo ini banyak disukai oleh para mahasiswa, tak heran warung burjo banyak berdekatan dengan kampus atau kos-kosan mahasiswa. Tak hanya itu warung burjo biasanya buka 24 jam maka sangat cocok bagi mahasiswa yang lapar pada malam hari.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR