Senin, Juni 24, 2024
BerandaInHouseAlasan Mengapa Menguap Bisa Menular

Alasan Mengapa Menguap Bisa Menular

Serang, Bantentv.com – Saat mengantuk seseorang sering menguap sebagai respon alami tubuh. Menguap merupakan suatu respon tubuh yang kelelahan, rasa kantuk dan stress. Kondisi tersebut tidak bisa ditahan dan menguap bisa menular ke orang sekitar. Menguap yang menular bisa jadi tanda seseorang memiliki empati yang tinggi karena menguap adalah sinyal tubuh yang menandakan tubuh sangat lelah.

Faktanya sering menguap bisa menandakan bahwa terjadinya suatu gangguan kesehatan. Dalam proses menguap mulut akan terbuka dan menarik napas dalam-dalam sehingga paru-paru terisi dengan udara.

Menguap mampu untuk menyamakan tekanan udara pada telinga dan menguap juga dapat mendinginkan otak dengan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa menguap dapat mengatur suhu otak ketika suhunya meningkat.

Terdapat banyak teori dan alasan yang dapat menjawab dan menjelaskan mengapa seseorang dapat menguap dan akan menularkannya kepada orang lain, sebab tubuh yang mendapatkan lebih banyak oksigen dan tubuh tidak berusaha untuk menahannya karena kondisi tersebut otomatis dan kondisi seperti ini tidak dapat dikendalikan oleh tubuh.

Ada alasan mengapa menguap bisa menular ke orang lain, sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit rasa empati yang dimiliki seseorang maka semakin kecil kemungkinan mereka akan menguap setelah melihat orang lain menguap. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa perilaku tersebut ada karena aktivitas pada otak yang mengambil alih atau bertanggung jawab atas fungsi motorik pada tubuh.

Jadi kecenderungan seseorang meniru menguap orang lain karena terdapat respon tubuh yang keterkaitan dalam memiliki rasa empati yang tinggi dan semakin banyak aktivitas yang dilakukan bersama, maka akan ada kecenderungan seseeorang untuk meguap dan menular semakin meningkat.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR