Selasa, Juni 25, 2024
BerandaHiburanFakta Menarik Dibalik Kaws : Holiday yang Hadir di Indonesia

Fakta Menarik Dibalik Kaws : Holiday yang Hadir di Indonesia

Bantentv.com – Boneka raksasa KAWS muncul di Candi Prambanan, Yogyakarta. Karakter yang berbentuk mirip Mickey Mouse itu tampak rebahan sambil menutup kedua matanya. Kehadirannya membuat heboh dunia maya. Pasalnya ini baru pertama kali ada boneka raksasa di situs warisan budaya Candi Prambanan. Boneka raksasa itu hasil karya seniman dunia Brian Donnelly atau biasa dikenal dengan nama KAWS.

Saat ini KAWS sedang melakukan tur dunia dengan tema KAWS : HOLIDAY. Nantinya ada beberapa kota yang akan disinggahi oleh KAWS yakni Seoul, Tokyo, Bristol, Singapura, Melbourne dan salah satu tempat pamerannya adalah di Indonesia tepatnya di kawasan Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan tempat pemberhentian kesepuluh karakter yang diciptakan oleh Brian Donelly tersebut.

Diketahui boneka sepanjang 45 meter ini akan menjadi yang pertama kalinya sebuah maha karya seni yang disandingkan dengan mahakarya warisan UNESCO. Patung raksasa berwarna pink itu bisa dinikmati pengunjung mulai 9-31 Agustus 2023 dan dibuka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Bagi pengunjung yang ingin melihat boneka raksasa karya KAWS itu cukup dengan membeli tiket masuk ke kawasan wisata kompleks Candi Prambanan.

Boneka KAWS ini diciptakan oleh Bian Donelly asal Amerika yang merupakan seni berupa boneka fiksi yang popular di kalangan milenial saat ini.

Dibalik keindahan boneka KAWS ini terdapat fakta menarik yang dilansir dari laman Lifestyle Asia. Berikut fakta menarik dibalik boneka KAWS :

  1. Terinspirasi ikon budaya pop, Mickey Mouse sampai Simpsons

Brian Donnelly adalah seniman dibalik KAWS. Ia bekerja sebagai animator Disney dan memilii ketertarikan pada dunia advertising. Karakter yang dibuat secara raksasa itu terinspirasi dari ikon budaya pop seperti Peanuts, Sesame Street, dan bahkan The Simpsons.

  1. Kolektor KAWS mulai dari BTS hingga Justin Bieber

Karya Brian Donnelly telah meraih kesuksesan besar di dunia seni dan desain. Karyanya tersebut sangat didambakan oleh para kolektor selebriti seperti Suga, J-Hope dan RM dari BTS, Justin Bieber dan Pharrell Williams. Selain itu, karyanya jugfa telah menghiasi produk-produk dari beberapa nama fashion seperti Dior, Commedes Garcons, dan Nike.

Di singapura, sang seniman membuat gebrakan baru dengan meluncurkan merchandise KAWS X Sesame Street miliknya dengan peritel Jepang Uniqlo, yang membuat antrean panjang di sepanjnag Orchard Road.

  1. Donnelly mempunyai latar belakang desain graffiti

Diketahui Brian Donnelly memulai karyanya dari snei graffiti “ketika saya masih muda, saya membuat graffiti dan pekerjaan itu membuat saya melukis di atas iklan. Saya hanaya berpikri ada banyak kesamaan antara (iklan) dan seni graffiti karena banyak anak muda di graffiti, anda ingin menempatkan karya anda di ruang dengan visibilitas tinggi”, paparnya.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR