Senin, Juni 24, 2024
BerandaFeaturedUlasanEnam Rekomendasi Kota Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Perayaan Imlek

Enam Rekomendasi Kota Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Perayaan Imlek

Menjelang perayaan Imlek, biasanya beberapa tempat di Indonesia menyediakan hiburan dan festival. Perayaan Imlek juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Pasalnya Imlek adalah tahun baru bagi masyarakat Tionghoa.

 

Biasanya, festival Imlek digelar di dekat klenteng atau ruang publik lainnya. Tak lupa juga dengan hiasan berwarna merah dapat ditemui di setiap sudut lokasi perayaan Imlek.

 

tahun ini Imlek jatuh pada hari Sabtu, yang mana hari itu adalah weekend. Bagi kamu yang sedang mencari referensi destinasi wisata Imlek, dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berikut referensi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat perayaan Imlek.

 

  1. Festival Cap Go Meh di Singkawang

Festival ini adalah salah satu perayaan budaya yang istimewa di Indonesia. Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menghadirkan berbagai pertunjukkan mulai dari pawai lampion, pentas kesenian budaya Tionghoa, kampung Tionghoa, hingga ritual cuci jalan. Yang paling menarik dan ditunggu dari festival ini adalah parade Tatung yang memperlihatkan kesaktiannya karena “dirasuki” roh leluhur.

 

  1. Festival Imlek di Semarang

Tahun ini, klenteng Sam Poo Kong di Semarang kembali menggelar festival Imlek. Festival imlek ini akan berlangsung pada 7-11 Februari 2024. Rangkaian acaranya yaitu atraksi barongsai, pertunjukan musik dan tari, serta bazaar produk ekonomi kreatif lokal.

Selain klenteng Sam Poo Kong, rangkaian perayaan Imlek 2024 di Pasar Semawis juga menarik untuk disaksikan. Festival di Pasar Semawis akan berpusat di Gang Baru dan Gang Warung. Pengunjung juga dapat menikmati jajanan kuliner khas Semarang, hingga pagelaran Wayang Potehi.

 

  1. Solo Imlek Festival

Pusat perayaan Imlek di Solo akan digelar di sekitar Pasar Gede yang berdekatan dengan klenteng Tien Kok Sie.

Solo Imlek Festival 2024 akan digelar selama satu bulan penuh dari tanggal 26 Januari hingga 25 Februari 2024, dengan berbagai rangkaian festival.

Mulai dari pesta lampion di sekitar Pasar Gede, ritual Pao Oen, Grebeg Sudiro yang digelar pada 4 Februari, dan ditutup dengan festival Cap Go Meh pada 25 Februari 2024.

 

  1. Perayaan Imlek di Palembang

Perayaan Imlek di Palembang, Sumatra Selatan akan digelar di Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah Sungai Musi.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR