Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPolitikNasionalPeringati Hari Bumi 2024, Google Doodle Tampilkan Kondisi Alam di 6 Negara

Peringati Hari Bumi 2024, Google Doodle Tampilkan Kondisi Alam di 6 Negara

Bantentv.com – Memperingati Hari Bumi 2024, google doodle menampilkan foto-foto udara keindahan alam dan keanekaragaman hayati planet Bumi.

Hari Bumi atau Earth day adalah momen di mana kita mengamati Bumi secara internasional yang diperingati tiap tahun pada tanggal 22 April.

Awalnya hari Bumi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap planet yang kita tinggali ini.

Peringatan Hari Bumi pertama kali diusulkan di 1970 oleh Bapak Gaylord Nelson, seorang Senator Amerika Serikat.

Hari Bumi ini, sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kita pada Bumi dan nasibnya di masa depan.

Terdapat enam foto yang ditampilkan pada google doodle, foto-foto tersebut milik Airbus, CNES/Airbus, Copernicus, Maxar Technology, dan USGS/NASA landsat.

Setiap huruf dari kata “GOOGLE” menampilkan tempat-tempat yang ada di dunia.  Dilansir laman Google Doodle, huruf G yaitu foto pertama diambil dari kepulauan Turks Caicos yang merupakan rumah bagi kawasan keanekaragaman hayati penting.

Foto kedua, menampilkan huruf O merupakan Taman Nasional Scorpion Reef, Meksiko atau juga dikenal dengan nama Arrecife de Alacranes. Taman nasional itu memiliki terumbu karang terbesar di selatan Teluk Meksiko dan cagar biosfer UNESCO.

Foto ketiga huruf O selanjutnya diambil dari Taman Nasional Vatnajökull, Islandia. Taman ini berdiri pada 2008 setelah puluhan tahun melakukan advokasi.

Foto kempat yang memperlihatkan huruf G adalah Taman Nasional Jaú, Brasil atau dikenal sebagai Parque Nacional do Jaú. Salah satu cagar hutan terbesar di Amerika Selatan dan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Foto kelima yakni huruf L yakni Tembok Hijau Besar, Nigeria. Dimulai pada 2007, inisiatif dipimpin oleh Uni Afrika ini memulihkan lahan terkena dampak penggurunan di seluruh Afrika.

Foto keenam atau foto terakhir yakni huruf E, Cagar Alam Kepulauan Pilbara, Australia. Cagar ini jadi salah satu dari 20 cagar alam di Australia membantu melindungi ekosistem rapuh.

Selain itu, google juga menambahkan sebuah game yang menarik bagi pengguna yang ingin mengenal dan mempelajari alam.

Kamu bisa mengklik doodle, kemudian kamu akan dibawa ke laman pencarian berhubungan dengan Hari Bumi 2024.

Perhatikan baik-baik, ada ikon ‘Gif’ lebah di bagian atas. Klik ikon tersebut kemudian kamu bisa langsung memainkannya. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR