Senin, Juni 24, 2024
BerandaInHouseTips Menyimpan Tempe agar Tetap Awet

Tips Menyimpan Tempe agar Tetap Awet

Serang, Bantentv.com – Tempe merupakan bahan makanan yang kaya akan sumber protein dan harganya yang relatif murah membuat tempe sebagai makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain itu, tempe juga bisa dijadikan berbagai olahan makanan mulai dari tempe goreng, tempe bacem, tempe mendoan, hingga oseng tempe.

Tempe pada umumnya harus cepat diolah sebab jika dibiarkan terlalu lama akan cepat basi dan rasanya akan berubah karena tempe merupakan bahan makanan yang berasal dari proses fermentasi .

Dilansir dari beberapa sumber berikut tips menyimpan tempe agar tetap awet :

Pilihlah tempe dengan kualitas yang baik

Tempe yang memiliki kualitas yang baik bisa diketahui saat disentuh tempe akan terasa ringan saat ditekan.  Selain itu, memilih tempe yang baik melalui warnanya, usahakan memilih tempe dengan warna kedelai yang masih kekuningan dan jamur tempenya masih putih. Hindari memilih tempe yang warnanya sudah mulai menghitam atau kecoklatan.

Tidak memotong tempe

Simpanlah tempe dengan keadaan utuh, jika tempe disimpan dalam keadaan sudah dipotong maka sisinya akan menghitam dan mengering karena terkena udara. Pasalnya, makanan yang dibuat dengan proses fermentasi  akan menurun jika berkontak dengan udara.

Simpan dalam lemari pendingin

Simpanlah tempe dalam keadaan sudah terbuka agar proses fermentasinya tidak berlanjut dan sebaiknya tempe disimpan dalam keadaan utuh dengan wadah yang tertutup dan pastikan kembali tempe disimpan di dalam chiller jangan di freezer.

Ungkep dan beri bumbu

Cara mempertahankan kesegaran tempe adalah dengan mengungkep dan membumbui tempe. Langkah ini bisa menghentikan proses fermentasi pada tempe sehingga tempe dapat bertahan lama. Cara ini cukup praktis dan bisa dilakukan untuk para pekerja atau bagi sebagian orang yang tak punya waktu banyak untuk menyiapkan tempe sebagai lauk praktis siap masak yang mudah, caranya cukup mengungkep tempe yang sebelumnya sudah diberi bumbu kuning selama beberapa saat.

Kukus sebelum disimpan

Menyimpan tempe dalam waktu yang lama bisa dengan cara mengukusnya terlebih dahulu. Proses pengukusan ini bertujuan agar tahap fermentasi oleh ragi bisa berhenti sehingga kedelai dalam tempe tidak membusuk dan tetap aman untuk dikonsumsi.

Nah itulah lima tips menyimpan tempe agar tetap awet, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR