Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureTegal Maja, Desa Penghasil Anyaman Bambu di Kabupaten Serang

Tegal Maja, Desa Penghasil Anyaman Bambu di Kabupaten Serang

Serang, Bantentv.com – Pemandangan unik akan tersaji ketika Anda mengunjungi Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Puluhan perajin anyaman bambu turun temurun membuat karya anyaman bambu seperti besek, tempat buah, ancak susun, tempat tisu, dan lainnya. Aneka kreasi anyaman bambu ini dibuat dengan memanfaatkan bambu yang ada di lokasi sekitar.
Kreasi para perajin anyaman bambu ini punya tampilan yang bisa mempercantik rumah. Selain itu, produk anyaman bambu juga ramah lingkungan dan memiliki harga yang terjangkau.
Meski tidak ada kesulitan soal bahan baku, masing-masing perajin tidak bisa mematok jumlah yang harus dihasilkan dalam sehari. Semua tergantung pada ukuran serta kerumitan saat proses pembuatannya.
Potensi yang dimiliki masyarakat desa ini sudah menjadi perhatian dari berbagai pihak. Beberapa pelatihan turut diadakan untuk meningkatkan kreativitas para perajin. Selain itu, para perajin juga dibantu mencari celah-celah pasar yang baru termasuk ke luar negeri.
Hasil karya mereka dijual ke tengkulak atau dijual langsung ke pasar tradisional yang ada di Kabupaten Serang hingga ke luar Provinsi Banten. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga Rp300.000, tergantung jenis dan kerumitan pembuatannya.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR