Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureFakta Menarik Tentang Sambal

Fakta Menarik Tentang Sambal

Bantentv.com – Sambal merupakan makanan pendamping khas Indonesia yang hampir selalu ada di meja makan. Rasanya yang khas dan nikmat, sambal selalu menjadi primadona masyarakat. Makanan pendamping ini berbahan baku cabai. Namun tidak semua sambal bercitarasa pedas, ada sambal yang digunakan sebagai bumbu pelengkap hidangan tertentu, misalnya pecel. Pada hidangan ini, bahan sambal yang paling mungkin digunakan adalah kacang.

Sambal juga memiliki banyak manfaat yang mungkin jarang orang mengetahuinya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut fakta-fakta tentang sambal:

  1. Mampu mengurangi kolestrol

Fakta sambal yang pertama yaitu mampu mengurangi kolestrol. Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolestrol, kolestrol baik dan kolestrol jahat. Tenyata sambal bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Sehingga kolesterol dalam tubuh pun menjadi seimbang. Namun mengonsumsi sambal jangan berlebihan secukupnya saja.

  1. Mampu mengurasi stress

Sambal ternyata mempunyai  kemampuan untuk meredakan stress. Hal ini karena sambal bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Stress berkurang, perut pun kenyang.

  1. Bagus untuk kesehatan kulit

Mengkonsumsi sambal ternyata bagus untuk kesehatan kulit, Hal itu dikarenakan cabai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Dua kandungan tersebut terbukti memiliki kemampuan merangsang terbentuknya kolagen yang bagus untuk kulit. Terutama, jika kulit terluka, dua kandungan dalam sambal tersebut ampuh untuk membuat penyembuhan lebih cepat.

  1. Dapat meredakan flu

Sambal ternyata dapat menjadi solusi jika mulai merasakan gelaja flu. Selain karena mengandung antioksidan, sambal juga mengandung zat capsaicin. Zat inilah yang membantu memperlancar udara pernafasan.

  1. Cabai pertama di Indonesia ternyata berasal dari Amerika Selatan

Cabai merupakan bahan utama dari sambal. Ternyata cabai pertama di Indonesia berasal dari Amerika Selatan. Cabai dari pertama kali dibawa oleh Portugis dan Spanyol dan disebarkan di wilayah Nusantara sehingga beberapa daerah di Indonesia mempunyai sambal dengan ciri khas masing-masing. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR