Minggu, Juli 14, 2024
BerandaFeaturedUlasanFakta Kereta Cepat Jakarta – Bandung yang Gratiskan Perjalanan Hingga Akhir bulan

Fakta Kereta Cepat Jakarta – Bandung yang Gratiskan Perjalanan Hingga Akhir bulan

Bantentv.com – Infrastruktur Indonesia semakin maju, salah satunya adalah karena proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Kereta ini merupakan proyek transportasi umum dan sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai fasilitas seperti penggunaan teknologi yang sangat canggih dan nyaman, dan memperhatikan aspek terpenting yaitu keselamatan dan keamanan.

Kereta yang mampu mengangkut 601 penumpang dan mampu mencapai kecepatan 350 km/jam ini akan mempersingkat waktu perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Walaupun memiliki kecepatan yang sangat cepat namun tidak membuat guncangan yang mengganggu.

Kereta cepat ini akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan sekitarnya, serta berkontribusi mendorong pembangunan dan pertumbuhan lokal. Kereta cepat ini adalah Solusi mengatasi kemacetan, mengurangi emisi karbon, dan polusi.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kereta cepat Jakarta – Bandung:

  1. Kereta ini menjadi proyek kereta cepat pertama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. Menempuh jarak 142 km, kereta ini hanya membutuhkan waktu  35 hingga 45 menit. Artinya, jauh lebih cepat dibandingkan kereta api biasa yaitu Argo Parahyangan yang bisa mencapai 3-4 jam.
  2. Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya dan dapat membantu mengurangi polusi.
  3. Unsur budaya lokal menghiasi setiap stasiun pemberhentian. Penggunaan motif dan unsur budaya Indonesia untuk menegaskan identitas budaya Indonesia. Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini memiliki empat stasiun perhentian di sepanjang lintasan, yaitu Stasiun Halim (Jakarta) terdapat ornamen motif-motif batik Betawi pada dinding stasiun, Stasiun Karawang memiliki motif padi dan batik megamendung sebagai landmark karena Karawang dikenal sebagai kota lumbung padi, Stasiun Padalarang menonjolkan bentuk streamline louvre untuk melambangkan kemodernan kereta cepat dan Stasiun Tegalluar (Bandung) menonjolkan pola dan bentuk aliran sungainya karena lokasinya dikelilingi oleh beberapa sungai besar di Jawa Barat.

Setelah peresmian nya pada bulan oktober, mulai Jumat 15 September 2023 KCIC resmi menjalankan uji coba operasional dengan gratis. Semua kalangan masyarakat diperbolehkan mendaftar untuk bisa menaiki kereta cepat ini. Pendaftaran tahap 1 dilakukan pada tanggal 17 September 2023 untuk keberangkatan 18-24 September 2023. Kemudian pendaftaran tahap 2 dilakukan pada 24 September 2023 untuk keberangkatan 25-30 September 2023. Terdapat total delapan perjalanan yang beroperasi hingga 30 September 2023 dengan kuota penumpang yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR