Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaTNI Al Luncurkan Dua Kapal Perang Karya Anak Bangsa

TNI Al Luncurkan Dua Kapal Perang Karya Anak Bangsa

Cilegon, Bantentv.com – Guna memperkuat armada kapal perang TNI Anglatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut telah meresmikan dua kapal perang baru yang dinamai kapal perang Republik Indonesia KRI Dorang-874 dan Bawal-875 di galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati, Kabupaten Serang, Senin, 21 Maret 2022.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksmana TNI Yudo Margono mengatakan, peresmian dua kapal perang ini berjenis kapal patroli cepat kelas 60 meter merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI AL yang sesuai dengan rencana strategis dan mendukung tugas TNI AL dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia.

Kapal tersebut mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot dengan kecepatan jelajah mencapai 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot serta memiliki ketahanan berlayar selama enam hari dan dapat mengangkut 55 personel.

Dua KRI PC 60 ini akan kita gunakan untuk patroli rutin dalam rangka penegakan hukum. Tapi dalam situasi tertentu bisa ditingkatkan menjadi kapal cepat rudal,” ungkap Kepala Staf Angkatan Laut.

Yudo mengaku, sangat bangga dengan peluncuran dua kapal perang ini. Selain untuk memperkuat armada laut untuk menjaga perairan Indonesia, kapal tersebut merupakan hasil karya anak bangsa dan sebagai bukti kemandirian dari industri pertahanan dalam negeri.

Kedua KRI ini sudah dilengkapi dengan perlengkapan senjata yang cukup canggih, namun kedepannya jika diperlukan kedua kapal ini akan dilengkapi dengan rudal.*

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR