Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaTiga Srikandi Banten Bakal Ramaikan Pilgub Banten

Tiga Srikandi Banten Bakal Ramaikan Pilgub Banten

Serang, Bantentv.com – Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi dari 37 provinsi yang akan menggelar Pilkada Serentak 2024. Setidaknya ada sebanyak tiga sosok perempuan diprediksi bakal meramaikan bursa calon Gubernur Banten di Pilkada 2024.

Ketiga nama bakal calon Gubernur Banten 2024 tersebut yakni, Airin Rachmi Diany, Iti Octavia Jayabaya dan Ratu Ageng Rekawati

Airin Rachmi Diany merupakan Srikandi Banten yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Selanjutnya Iti Octavia Jayabaya mantan Bupati Lebak. Kemudian, Ratu Ageng Rekawati adalah Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN).

Untuk mengenal lebih jauh, berikut ini profil tiga Srikandi di Tanah Jawara yang diprediksi bakal maju di Pilgub Banten.

  1. Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode sejak 20 April 2011 hingga 20 April 2021.

Wanita cantik kelahiran 28 Agustus 1976 ini diketahui adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung.

Perempuan yang kerap disapa Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung (1995) dan Mojang Provinsi Jawa Barat (1995). Kemudian, ia mengikuti pemilihan Puteri Indonesia (1996) dan berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit serta Puteri Indonesia Pariwisata.

  1. Iti Octavia Jayabaya

Iti Octavia Jayabaya mantan Bupati Lebak dua periode ini juga digadang-gadang sebagai calon ideal Gubernur Banten pada 2024 semakin menambah nama bakal calon Gubernur Banten setelah adanya Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, Gembong R. Sumedi, dan Andra Soni.

Iti merupakan putri dari mantan Bupati Lebak periode 2003-2013, Mulyadi Jayabaya.

Wanita kelahiran 4 Oktober 1978 ini menjabat Bupati Lebak selama dua periode berturut-turut sejak 2014.

Iti Octavia Jayabaya merupakan bupati perempuan pertama dalam sejarah Kabupaten Lebak.

Ia menempuh pendidikan terakhir untuk meraih gelar S2-ya di Fakultas Ekonomi Pascasarjana Usakti Jakarta, dan lulus pada tahun 2005.

Iti sebelumnya merupakan anggota DPR-RI. Ia berangkat dari daerah pemilihan DPR Banten I.

  1. Ratu Ageng Rekawati

Bakal calon Gubernur Banten lainnya adalah Ratu Ageng Rekawati, wanita yang akrab dipanggil Bunda Reka itu menjadi salah satu kandidat yang akan bersaing di Pilgub Banten 2024 – 2029.

Ratu Ageng Rekawati sendiri adalah Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) dinilai dapat menjadi sosok tauladan bagi masyarakat dan merupakan sosok muda yang sangat mencintai budaya tradisional.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR