Kamis, Juli 25, 2024
BerandaBeritaSurvei Paradigma Indonesia, Hasbi Jayabaya Belum Aman Kuasai Lebak

Survei Paradigma Indonesia, Hasbi Jayabaya Belum Aman Kuasai Lebak

Lebak, Bantentv.com – Bakal calon Bupati Lebak Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya masih menempati posisi teratas dalam survei calon Bupati Lebak untuk Pilkada Lebak 2024.

Namun demikian, Politisi PDI Perjuangan itu belum dominan dan masih berpotensi dikejar oleh sejumlah bakal calon lainnya seperti Faizal Hermiansyah dan Sanuji Pentamarta.

Direktur Paradigma Indonesia Zulfian Hanief mengungkapkan, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya memperoleh tingkat keterpilihan (Elektabilitas) berada di 24,5 persen pada pertanyaan terbuka dan 30,2 persen pada pertanyaan semi terbuka.

Sosok lain yang muncul adalah KH. Syaepudin Asy Syadzily (8,4 persen) serta Faizal Hermiansyah dan Sanuji Pentamarta masing-masing mendapatkan 4,5 persen.

“Meski Hasbi masih tertinggi, belum bisa dibilang dominan karena swing voters atau belum menentukan pilihan masih 53,9 persen,” kata Zulfian saat konferensi pers di salah satu hotel di Kabupaten Lebak, Senin 8 Juli 2024.

Apalagi jika dilihat dari tingkat keterkenalan dan kesukaan. Kata Zulfian, level keterkenalan Hasbi, hampir mencapai puncak 75 persen, namun disukai oleh 66 persen pemilih. Sedangkan, tingkat keterkenalan kompetitornya, yakni KH. Syapudin Asy-Syadzily, Faizal Hermiansyah dan Sanuji Pentamarta berada masih di bawah 35 persen.

“Akan tetapi, dengan hampir tingginya tingkat keterkenalan Hasbi tidak berbanding lurus dengan elektoralnya yang masih di bawah 50 persen,” katanya.

Selain itu, pemilih yang telah memiliki pilihan pada Pilkada Kabupaten Lebak dan masih berpotensi berubah tercatat hampir 70 persen.

“Alasan perubahan didominasi oleh masih menunggu program dari masing-masing calon,” ujarnya.

Zulfian menjelaskan, dalam surveinya melakukan simulasi pemilihan calon Bupati Kabupaten Lebak melalui pertanyaan 10 calon, 6 calon, 4 calon, 3 calon hingga 2 calon.

“Yang menarik dari temuan survei ini adalah, jika Hasbi dihilangkan atau tidak mencalonkan diri maka Faizal Hermiansyah menjadi figur yang dianggap oleh publik Kabupaten Lebak sebagai sosok yang layak menjadi Bupati meski terjadi penundaan atau undecided voter yang meningkat secara signifikan,” terangnya.

Begitupun demikian, sosok Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamerta menjadi figur yang dipandang layak menjadi Bupati Kabupaten Lebak jika Hasbi dan Faizal Hermiansyah tidak mencalonkan diri dengan tetap penudaan atau undecided voters meningkat tajam. Potensial calon setelah Hasbi adalah Faizal Hermiansyah. Dia dinilai memiliki latar belakang dan kemampuan yang sama, masih muda dan berwibawa.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR