Kamis, April 25, 2024
BerandaBeritaRSUD Kota Serang Tangani Puluhan Pasien DBD

RSUD Kota Serang Tangani Puluhan Pasien DBD

Serang, Bantentv.com – Kasus demam berdarah di Kota Serang semakin meningkat. Peningkatan kasus pasien demam berdarah ditunjukkan dengan membludaknya jumlah pasien demam berdarah yang ditangani pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kota Serang.

Hingga Rabu, 21 Februari 2024 jumlah pasien demam berdarah yang ditangani pihak RSUD Kota Serang sebanyak 54 kasus, mayoritas pasien adalah usia  anak-anak, 90 persen pasien demam berdarah membutuhkan penanganan rawat inap dan membutuhkan perawatan intensif di ruang ICU.

Dari 40 bed untuk pasien anak di RSUD Kota Serang, semuanya terisi pasien demam berdarah. Meningkatnya jumlah pasien kasus DBD membuat pihak RSUD Kota Serang memanfaatkan bed pasien dewasa, untuk melakukan rawat inap bagi pasien demam berdarah usia anak – anak.

Meningkatnya jumlah pasien demam berdarah yang sedang ditangani pihak RSUD Kota Serang tidak sebanding, dengan jumlah sumber daya manusia RSUD Kota Serang yang hanya 380 perawat dan dokter, sedangkan RSUD Kota Serang yang masih type c, idealnya memiliki SDM sampai 500 perawat dan dokter.

Peningkatan jumlah pasien demam berdarah di RSUD Kota Serang sudah terjadi sejak bulan Desember tahun 2023, peningkatan kasus DBD biasanya terjadi di saat masuk musim penghujan. Namun di tahun 2024 ini, justru terjadi peningkatan kasus disaat sudah masuk musim penghujan.

“Di tahun 2024 ini ada meningkatan jumlah pasien demam berdarah yang ditangani pihak RSUD Kota Serang sebanyak 54 kasus, mayoritas pasien adalah usia anak-anak, 90 persen pasien demam berdarah membutuhkan penanganan rawat inap dan membutuhkan perawatan insetif di ruang ICU,” ujar dr.Agus Salam Kasi Pelayanan Medis RSUD Kota Serang.

Untuk menangani peningkatan pasien demam berdarah, pihak RSUD Kota Serang mengarahkan pasien demam berdarah yang dalam kondisi gawat darurat, langsung diarahkan ke ruangan instalasi gawat darurat.(jaya/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR