Senin, Juni 24, 2024
BerandaBeritaRatusan Hektar Sawah di Lebak Kekeringan 

Ratusan Hektar Sawah di Lebak Kekeringan 

Lebak, Bantentv.com – Musim kemarau panjang di Kabupaten Lebak mengakibatkan ratusan hektar sawah mengalami kekeringan bahkan terancam puso alias gagal panen.

Sekitar empat ratus delapan hektare lahan pertanian padi di Lebak terdampak kekeringan akibat fenomena El Nino yang sudah terkadi sekitar empat bulan ini. Sementara sekitar satu hektar sawah di lebak terancam gagal panen atau puso.

Dari ratusan hektar sawah yang kekeringan ada yang tergolong kekeringan ringan, sedang, hingga parah yang menyebabkan terancam gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat mengatakan sebelum terjadi fenomena El Nino pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan memberikan surat edaran kepada para petani seperti mempercepat  masa tanam, membagi air untuk area pesawahan dan menggunakan bibit padi yang tahan panas.

“Sebelum fenomena El Nino berlangsung kami sudah mengantisipasi dan memberikan edaran untuk mempercepat masa tanam, membagi air, menggunakan padi yang kualitasnya tahan panas dan sebagainya,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pendataan area pesawahan padi yang mengalami kekeringan akibat dampak dari fenomena El Nino.(nano/red).

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR