Kamis, April 25, 2024
BerandaBeritaMenilik Makna Hari Kesaktian Pancasila

Menilik Makna Hari Kesaktian Pancasila

Serang, Bantentv.com – Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari nasional yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila dilatar belakangi oleh peristiwa pemberontakan G30S/PKI yang terjadi pada 30 September dan 1 Oktober 1965.

Diketahui bersama, peristiwa G30S/PKI atau Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia merupakan peristiwa pembunuhan para jendral oleh pihak PKI. Pembunuhan para jendral itu berutujuan untuk menggulingkan pemerintah dan mengubah ideologi negara dari pancasila ke komunisme. Rencana pemberontakan PKI tersebut pada akhirnya bisa dihentikan dan ditumpas.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan pengingat peristiwa G30S/PKI. Hari ini lahir sebagai wujud penguatan ideologi pancasila setelah peristiwa G30S. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila merupakan pembuktian bahwa PKI yang melawan pancasila berhasil ditumpas.

Setiap tahunnya, pemerintah Indonesia selalu mengimbau masyarakat untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Seperti tahun ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim merilis surat tentang penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022. Salah satu poin dalam surat tersebut mengimbau masyarakat Indonesia agar mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2022, dan bendera berkibar satu tiang penuh pada 1 Oktober 2022 pukul 06.00 waktu setempat.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di pusat digelapada Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 08.00-08.31 WIB. Pelaksanaan upacara bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 memiliki tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. (kho/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR