Kamis, Juli 25, 2024
BerandaBeritaHeboh Warga Depok Sebut Ada Meteor Jatuh, Ahli BRIN Buka Suara…

Heboh Warga Depok Sebut Ada Meteor Jatuh, Ahli BRIN Buka Suara…

Bantentv.com – Media social twitter diramaikan dengan kabar adanya meteor yang melintas jatuh di Depok, Jawa Barat. Bahkan, beberapa pengguna media social menyebutkan meteor tersebut juga melintas di Kawasan Cileungsi, hingga Karawang Jawa Barat.

Menurut kabar, meteor tersebut jatuh pada minggu malam 23 juni 2024, menanggapi kabar tersebut, Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Jamaluddin mengatakan bahwa cahaya yang disaksikan oleh para warga tampaknya merupakan meteor sporadic yang melintas.

Meski demikian, ia juga mengatakan belum tahu jelas dimana titik jatuhnya meteor tersebut, Thomas juga menekankan jika ini sama sekali tidak terkait dengan hujan meteor. Seperti yang diketahu bahwa Juni ini disebutkan aka nada terjadinya hujan meteor bootids. Dilansir dari inthesky.org, hujan meteor June Bootid akan aktif pada tanggal 22 Juni hingga 2 Juli, dimana puncaknya terjadi pada tanggal 27 Juni.

Selama periode ini, terdapat peluang untuk melihat meteor June Bootid setiap kali titik pancaran hujan di konstelasi Bootes, yang berada di atas cakrawala, dengan jumlah meteor yang terlihat semakin meningkat seiring semakin tinggi titik pancaran di langit.

Hujan meteor itu diperkirakan akan mencapai puncak aktivitas sekitar pukul 12:00 WIB pada tanggal 27 Juni 2024, sehingga tampilan terbaik dapat terlihat sebelum matahari terbenam pada tanggal 27 Juni dan setelah senja pada tanggal 27 Juni.

Hujan meteor tersebut kemungkinan besar akan menghasilkan tampilan terbaiknya pada sekitar pukul 20.00 WIB, saat titik pancarannya paling tinggi di langit.

Thomas juga menegaskan BRIN tidak akan melakukan penelitian lebih lanjut, karena itu merupakan fenomena yang biasa terjadi. “Kami tidak akan menelitinya, karena itu fenomena biasa yang sering terjadi,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com.(azzah/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR