Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaDistan Klaim Beras di Banten Kelebihan 260 Ribu Ton

Distan Klaim Beras di Banten Kelebihan 260 Ribu Ton

Serang, Bantentv.com – Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten mengklaim hasil panen padi di Banten telah melampaui target yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid mengatakan, capaian itu berdasarkan dari hasil panen padi yang diperoleh dari beberapa wilayah di Provinsi Banten.

Berdasarkan perhitungannya, pada April ini akan mengalami kelebihan produksi hampir di atas 260.000 ton beras. Kemudian, kalau dihitung total dalam setahun pihaknya memprediksi bisa mencapai 1,8 juta ton Gabah Kering Giling (GKG).

Agus menambahkan, saat ini di Banten sedang berada pada musim hujan dan berdasarkan prediksi BMKG, kemarau di Banten akan mulai jatuh di Juni hingga September. Kendati demikian, kemarau yang diprediksi adalah kemarau basah. Sehingga tidak begitu ekstrem seperti tahun kemarin dimana terdapat el nino.

“Untuk capaian saya piker sudah melampaui batas panen, karena kami genjot dari bulan Desember. Jadi tanam di bulan Desember panen di bulan Maret, tanam di bulan Januari panennya di bulan April. Kami perkirakan diprediksi BMKG, kita kemarau mulai jatuh bulan Juni sampe dengan September. Tapi kemarau yang diprediksi adalah kemarau basah, jadi tahun ini tidak terlalu ekstrem dibandingkan tahun kemarin itu el nino,” kata Agus.

Agus menambahkan, untuk panen akan terus berlanjut sampai dengan bulan Mei mendatang. (hendra/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR