Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBeritaCegah Tindak Kriminalitas, Kelurahan Sepang Gagas Satkamling

Cegah Tindak Kriminalitas, Kelurahan Sepang Gagas Satkamling

Serang, Bantentv.com – Guna mencegah tindak kejahatan di wilayah Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang.  Kelurahan Sepang mengagas program Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Adanya program Satkamling ini merupakan insiasi dari Bhabinkamtibmas Sepang Bripka Anggi Novanda yang didukung oleh Lurah Sepang Ekayana Hendriansyah yang beranggotakan warga di masing – masing lingkungan.

Menurut Lurah Sepang Ekayana, di Kelurahan Sepang merupakan satu – satunya kelurahan yang setiap pos rondanya menggunakan alat komunikasi HT dalam menjalankan ronda malam. Sedangkan masing – masing pos atau perwakilan RW memegang kendali atas HT tersebut untuk memantau situasi keamanan yang ada di lingkungan mereka, apalagi ketika ronda malam diberlakukan.

“Dalam praktiknya di lapangan, satkamling ini sudah berjalan lima bulan, sejak bulan Februari 2022 lalu. Tanpa terkecuali, semua lingkungan perumahan dan perkampungan di wilayah ini telah terkoneksi dengan alat komunikasi berupa HT,” terangnya.

Dijelaskan Ekayana, HT tersebut telah terintegrasi hingga sampai ke Polsek Taktakan. Alat tersebut berguna untuk menekan tingkat kejahatan di wilayah Sepang, yang diketahui wilayah Sepang sendiri merupakan salah satu kelurahan yang rawan akan tindak kejahatan curanmor. Dengan adanya satkamling di wilayah Sepang, terbukti dapat menekan angka kejahatan di wilayah Sepang hingga nol kasus.

“Alhamdulillah dari komunikasi yang berjalan lancar, warga dibekali HT hingga terhubung ke Polsek Taktakan, sampai saat ini kelurahan Sepang zero (nol) kasus curanmor,” pungkasnya.

Sementara Bhabinkamtibmas Sepang Bripka Anggi Novanda, di lingkungan kelurahan Sepang masing – masing sudah memiliki pos ronda. Warga juga dibekali HT untuk komunikasi yang terintegrasi hingga Polsek Taktakan. Selain itu, di kelurahan Sepang juga memiliki 2 pemancar RPU di dua titik yakni di perumahan Arfa dan Lingkungan Cimoyan RT 02 RW 04.

“Untuk jaringan Alhamdulillah kita link di Kelurahan Sepang sudah tercapai. Dan sudah dapat menembus dari satu kampung ke kampung lainnya. Sampai ke Kelurahan Sayar dan Pancur. dan masing – masing lingkungan sudah punya pos,” terang Bripka Anggi.

Selain itu Bripka Anggi berharap, kelurahan Sepang dengan taglinenya yakni AWAS SEPANG dapat mejadi wilayah yang aman dan nyaman.

“Saya pribadi selaku anggota Bhabinkamtibmas kelurahan Sepang, saya ingin mengubah Sepang menjadi Sepang yang aman dan nyaman. Kita juga punya tagline AWAS SEPANG yang bermakna A (awasi), Was (waspadai), S (Selidiki), jadi kalo kita sesama warga Sepang bilang Awas Satkamling, itu sudah waspada dan kalo orang tersebut tidak menjawab, berarti bukan orang Sepang”, lanjut Bripka Anggi.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR