Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaAntisipasi Paceklik, Petani Diimbau Miliki Lumbung Padi

Antisipasi Paceklik, Petani Diimbau Miliki Lumbung Padi

Serang, Bantentv.com – Sekretaris Komisi II DPRD Banten, Oong Syahroni mengimbau agar para petani memiliki lumbung padi sehingga ketika terjadi paceklik seperti saat ini masih memiliki stok beras.

Saat ini memasuki puncak El Nino yang terjadi sejak awal Agustus 2023 lalu. Harga beras pun mengalami kenaikan yang disebabkan salah satu faktornya kemarau panjang.

Sekretaris Komisi II DPRD Banten, Oong Syahroni mengatakan kelemahan petani di Banten sering kali berposisi sebagai produsen yang juga sebagai konsumen. Artinya, petani ketika panen menjual hasil panennya, tetapi kesulitan ketika membeli kembali untuk dikonsumsi.

Saya imbau agar para petani memiliki lumbung padi sehingga ketika terjadi paceklik seperti saat ini masih memiliki stok beras,” ujar Oong.

Selain itu, pemerintah juga diminta agar mengedukasi dan memfasilitasi kepada para petani agar ketika situasi paceklik para petani tidak kesulitan ekonomi.

Oong juga mendorong agar pemerintah membuat rencana jangka panjang untuk mengantisipasi hal serupa seperti perbanyak mesin pompa air, sumur pantek dan lain sebagainya.(hendra/red).

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR