Selasa, Juni 25, 2024
BerandaBerita22 Kelurahan di Kota Cilegon Rentan Rawan Pangan

22 Kelurahan di Kota Cilegon Rentan Rawan Pangan

Cilegon, Bantentv.com – Puluhan Kelurahan di Kota Cilegon masuk ke dalam wilayah yang rentan terhadap kerawanan pangan, rencananya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon akan mengadakan pasar murah. Kegiatan pasar murah itu akan di fokus untuk di wilayah tersebut.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon akan mengajukan 22 kelurahan dari delapan Kecamatan di Kota Cilegon menjadi titik lokasi pasar murah, lantaran kelurahan tersebut masuk ke dalam wilayah yang rentan terhadap kerawanan pangan.

Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon, Dedi Jauhari mengatakan mayoritas wilayah yang rentan terhadap kerawanan pangan berada di Kecamatan Ciwandan dan Citangkil yang masing-masing memiliki lima kelurahan yang masuk ke dalam kategori rawan pangan.

“Ada dua puluh dua kelurahan yang masuk dalam kategori pangan di delapan Kecamatan. Jadi akan kita prioritaskan operasi pasarnya di 22 kelurahan tersebut,” katanya.

Berdasarkan peta food security and vulnerability atlas (FSVA) atau yang berarti kelurahan rentan terhadap kerawanan pangan tahun 2022 tercatat sebanyak dua kelurahan masuk kategori sangat rentan, lima kelurahan rentan dan sepuluh kelurahan kategori agak rentan. Sedangkan lima kelurahan lainnya masuk kedalam kategori agak tahan.

Dedi menjelaskan, ketimpangan produksi antara pangan dibandingkan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi menjadi faktor utama terjadinya kerawanan pangan di sejumlah wilayah di Kota Cilegon. Terlebih untuk memenuhi kebutuhan pangan beberapa komoditas harus didatangkan dari luar daerah.

Oleh karena itu, Disperindag Kota Cilegon akan menggelar pasar murah sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan di seluruh kelurahan sekaligus menekan harga bahan pokok. (aliyandra/red).

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR