Senin, April 22, 2024
BerandaInHouseFeatureNegara-Negara dengan Garis Pantai Terpanjang

Negara-Negara dengan Garis Pantai Terpanjang

Serang, Bantentv.com – Seperti diketahui hampir 70 persen permukaan bumi tertutup oleh air. Namun tidak semua negara memiliki garis pantai yang panjang, hanya beberapa negara saja yang memiliki garis pantai yang panjang.

Garis pantai merupakan pembatas atau garis batas antara daratan dan lautan. Panjang garis pantai sebuah negara didapat berdasarkan pengukuran seluruh pantai yang ada di wilayah tersebut. Dalam hal ini, posisi garis pantai suatu negara juga bisa berubah dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Lantas, negara mana sajakah yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia? Dilansir dari situs World Population, berikut negara-negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia :

Kanada

Kanada menjadi negara pertama yang mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantai yang dimiliki kanada yaitu mencapai 202.800 kilometer. Garis pantai di Kanada terbentang dari bagian barat Samudra Pasifik, bagian timur Samudra Atlantik, serta bagian utara Samudra Arktik.

Diketahui hampir semua wilayah kanada memiliki masing-masing garis pantai yang luas, kecuali Alberta dan Saskatchewan.

Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Indonesia sendiri menempati posisi kedua dari negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Panjang garis pantainya mencapai 99.083 kilometer. Selain itu, berbagai pantai di Indonesia juga menjadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah pantai Kuta di Bali.

Norwegia

Garis pantai yang membentang di negara ini sekitar 58.133 kilometer. Garis pantai yang dimiliki Norwegia sangat tidak beraturan dan berlekuk kasar dengan banyak fyord dan pulau di sepanjang pantainya. Meski begitu, garis pantai Norwegia tetap menjadi tujuan wisata yang popular bagi para wisatawan dan menjadi ciri khas tersendiri. Pantai yang terkenal di negara ini diantaranya Pantai Hodevick, Sola, dan Bunes.

Rusia

Negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia selanjutnya adalah Rusia. Luas garis pantai yang dimiliki negara ini yaitu sekitar 37.653 kilometer. Wilayah pesisir membentang melintasi tiga samudra, yakni Samudra Pasifik di timur, Samudra Atlantik di barat, dan Samudra Arktik di utara.

Filipina

Filipina memiliki panjang garis pantai 36.289 kilometer. Sama seperti Indonesia, Filipina juga merupakan negara kepulauan. Garis pantainya tidak teratur karena terindentifikasi dengan pulau-pulau kecil dan teluk yang tak terhitung jumlahnya. Sebagian besar penduduk Filipina bergantung pada sektor perikanan sebagai mata pencahariannya. Daerah pesisir negara ini menjadi daerah yang cukup padat. Dengan sekitar 60 persen populasi negara Filipina terletak di sepanjang garis pantainya. Salah satu tempat wisata yang terbaik yaitu Boracay Island. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR