Minggu, Mei 19, 2024
BerandaInHouseFeatureKebiasaan Unik yang Biasa Terjadi di Hari Pertama Sekolah

Kebiasaan Unik yang Biasa Terjadi di Hari Pertama Sekolah

Serang, Bantentv.com – Tepat hari ini, 18 Juli 2022, merupakan hari pertama masuk sekolah bagi seluruh sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Banten. Setelah libur sekolah hampir satu bulan lamanya, kini para siswa akan memulai kembali kegiatan belajar tahun ajaran baru 2022/2023 di sekolah. Berbeda dengan dua tahun lalu saat pandemi Covid-19, kegiatan belajar yang kembali digelar secara tatap muka menghadirkan fenomena berbeda pada hari pertama masuk sekolah.

Beberapa kebiasaan unik para siswa, guru, maupun orangtua murid yang biasa terjadi saat hari pertama masuk sekolah sempat hilang dua tahun lalu, kini banyak dijumpai kembali. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan atau tradisi unik yang biasa terjadi di hari pertama masuk sekolah:

  1. Seragam dan perlengkapan sekolah baru

Bukan rahasia umum jika setiap tahun ajaran baru banyak orangtua yang berburu seragam dan perlengkapan sekolah lainnya. Walau bukan hal yang wajib, namun kebiasaan ini banyak terjadi di masyarakat. Apalagi jika anak masuk sekolah dengan jenjang pendidikan yang berbeda dari sebelumnya. Seragam dan perlengkapan sekolah yang baru menjadi penyemangat sendiri bagi anak.

  1. Mengantar anak ke sekolah

Kebiasaan baik yang sudah menjadi tradisi banyak orangtua ini sekarang bahkan menjadi sebuah gerakan sendiri. Anjuran mengantar anak ke sekolah pada hari pertama bahkan menjadi imbauan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

  1. Berebut bangku

Momen berebut bangku biasanya terjadi di sekolah dasar. Banyak orangtua yang rela hadir di sekolah lebih pagi agar anaknya bisa duduk di kursi yang diinginkan. Kursi bagian depan dengan posisi di tengah biasanya jadi banyak incaran para orangtua maupun murid. Posisi ini dinilai paling tepat dan nyaman dlaam proses belajar.

  1. MPLS

Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS merupakan momen wajib bagi seluruh siswa baru yang menaiki jenjang pendidikan berikutnya. Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pengenalan dan adaptasi lingkungan sekolah bagi murid baru.

  1. Pembentukan pengurus kelas

Tidak hanya mengenal lingkungan sekolah, pada masa MPLS siswa biasanya juga berkenalan dengan banyak teman-teman terutama teman satu kelas. Pada kegiatan ini pula, biasanya diadakan pemilihan pengurus kelas seperti ketua kelas, sekretaris, dan bendahara di hari pertama masuk sekolah.

  1. Momen bersalam-salaman dengan guru dan seluruh siswa

Di hari pertama masuk sekolah biasanya beberapa sekolah mengadakan upacara yang dilanjutkan dengan kegiatan bersalam-salaman antara seluruh siswa, guru, dan staff sekolah. Kegiatan ini merupakan wujud ramah tamah dalam menjalin silaturahim setelah sekian lama libur. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR