Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeature5 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa yang Menguntungkan

5 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa yang Menguntungkan

Serang, Bantentv.com – Masa-masa menjadi mahasiswa memang sangat menantang sekaligus menyenangkan. Di fase peralihan remaja menuju dewasa ini membuat mahasiswa seringkali ingin menjadi dewasa seutuhnya, namun belum bisa meninggalkan masa remaja sepenuhnya. Hal ini membuat mahasiswa terkadang ingin mandiri dan tidak bergantung pada orang lain terutama dalam hal keuangan.
Salah satu cara terbaik mendapatkan uang sendiri adalah dengan melakukan beberapa pekerjaan sampingan. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru sekaligus pendapatan tambahan tanpa mengganggu tugas utama sebagai mahasiswa.
Berikut ini lima rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa:
1. Mengajar les privat
Mengajar les privat merupakan pekerjaan sampingan yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Selain mempunyai waktu yang fleksibel, mahasiswa juga bisa memilih mata pelajaran yang disukai. Selain mendapatkan uang lebih, mahasiswa juga bisa mempelajari kembali mata pelajaran yang diajarkan.
2. Part time di kafe atau toko
Bekerja paruh waktu di toko atau kafe juga tidak salah untuk dicoba. Pekerjaan paruh waktu menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang disukai mahasiswa. Mahasiswa semester akhir biasanya lebih banyak memilih pekerjaan sampingan ini karena membutuhkan waktu yang lebih panjang.
3. Berjualan online
Berjualan online merupakan usaha yang dipasarkan melalui internet dengan berbagai macam cara sehingga dapat menghasilkan uang. Mahasiswa cukup promosi atau menawarkan barang dan jasa yang melalui internet. Produk yang dijual bisa berupa produk fashion, kado wisuda, alat tulis, berjualan aplikasi premium, pulsa, dan paket data, hingga produk perawatan kulit serta rias.
4. Bloger atau youtuber
Pekerjaan sampingan yang menguntungkan selanjutnya yaitu bloger atau youtuber. Saat ini bloger atau youtuber sedang banyak digandrungi oleh para mahasiswa. Pekerjaan sebagai bloger sangat cocok bagi kalian yang memiliki hobi atau kemampuan menulis. Jika kalian lebih menyukai editing atau membuat konten, menjadi youtuber juga bisa jadi pilihan pekerjaan sampingan. Gaji atau bayaran menjadi bloger dan youtuber juga lumayan cukup besar.
5. Reseller
Pekerjaan sampingan yang menguntungkan bagi mahasiswa yang terakhir adalah reseller. Mengingat saat ini bisnis online sudah sangat berkembang pesat, menjadi reseller hanya perlu membeli barang dari distributor atau supplier dengan harga yang relatif lebih murah. Kemudian menjualnya kembali dengan harga yang cukup lebih tinggi yang menguntungkan.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR