Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaPorprov VI Banten Resmi Dibuka, Siapa Juara Selanjutnya?

Porprov VI Banten Resmi Dibuka, Siapa Juara Selanjutnya?

Serang, Bantentv.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten resmi dibuka pada Minggu, 20 November 2022 di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang. Perhelatan olahraga terbesar di Provinsi Banten itu kali ini memilih Kota Tangerang sebagai tuan rumah Porprov VI.

Sebanyak 47 cabang olahraga dilombakan dalam gelaran Porprov VI. Hal ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah pesta olahraga Banten sejak pertama kali digelarnya Porprov pada tahun 2002. Diketahui, pada Porprov sebelumnya di tahun 2018, cabang olahraga yang dilombakan hanya berjumlah 39.

Dikutip dari laman porprovbanten2022.id, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan Porprov merupakan barometer pembinaan prestasi olahraga di Banten.

“Puncak pembinaan prestasi olahraga daerah barometernya dapat terinfokan dan dinilai dari kegiatan pertandingan dan perlombaan berbagai cabang olahraga dalam event Porprov Banten yang dilaksanakan dalam empat tahun sekali,” ujar Arief.

Ditambahkan Arief, Porprov menjadi ajang evaluasi total terhadap pembinaan olahraga di daerah, sekaligus momen untuk merancang ulang ekosistem olahraga yang harus tersinergi baik dengan pembinaan di provinsi.

Saat pertama kali digulirkan di tahun 2002, Kabupaten Tangerang berhasil menjadi juara Porprov I Banten. Selanjutnya pada tahun 2006, gelar juara Porprov II Banten diraih Kota Cilegon. Juara Porprov III Banten yang digelar di Kabupaten Lebak kembali diraih Kabupaten Tangerang.

Kemudian Porprov IV Banten, Kota Serang sekaligus tuan rumah berhasil menjadi juara di 2014. Terakhir, Porprov V pada tahun 2018 Kabupaten Tangerang berhasil menjadi juara untuk ketiga kalinya.

Berlangsung selama 10 hari yakni dari 20-29 November 2022, penentuan juara Porprov VI Banten masih belum bisa diprediksi. Walau demikian, perkembangan perolehan medali para atlet dari berbagai daerah di berbagai cabang olahraga bisa dipantau melalui laman porprovbanten2022.id.

Terhitung sejak tanggal 21 November, Kota Tangerang masih memimpin perolehan sementara jumlah medali yaitu sebanyak 81 medali. Di posisi kedua diduduki oleh Kabupaten Tangerang dengan 64 medali. Selanjutnya urutan ketiga ada Kota Cilegon dengan 48 medali. Urutan ini bisa berubah sampai laga Porprov VI Banten selesai pada 29 November mendatang. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR