Senin, Juli 22, 2024
BerandaBeritaMulai Tahun ini, Asrama Haji Cipondoh Dijadikan Tempat Kepulangan Jemaah Haji Banten

Mulai Tahun ini, Asrama Haji Cipondoh Dijadikan Tempat Kepulangan Jemaah Haji Banten

Tangerang, Bantentv.com – Sebanyak 432 rombongan Jemaah haji asal Provinsi Banten secara perdana tiba di tanah air, Sabtu 22 Juni 2024 sekitar pukul 23.00 malam. Kedatangan rombongan Jemaah haji ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 02 asal Kota Tangerang.

Sesampainya di tanah air, rombongan jemaah haji asal Banten sudah tidak ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Namun, langsung menuju Asrama Haji Grand El Hajj, di Cipondoh, Kota Tangerang sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Saat tiba di Grand El Hajj Asrama Haji Provinsi Banten, Cipondoh, Kota Tangerang, rombongan jemaah haji Banten itu disambut Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman, dan Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurochman.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman. Mulai tahun ini, Asrama Haji Banten di Cipondoh sudah dijadikan tempat pemulangan atau debarkasi.

“Tahun lalu sudah menjadi tempat pemulangan empat kloter dari wilayah Tangerang, tahun ini Insya Allah semua kloter. Mudah-mudahan Allah beri kita kemudahan,” katanya, Sabtu 22 Juni 2024.

Nanang menerangkan, pihaknya telah melakukan persiapan penerimaan jemaah haji dan meninjau Asrama Haji Provinsi Banten. Hal itupun dibahas bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Banten, Angkasa Pura, DAMRI, Otoritas Bandara Soekarno-Hatta dan stakeholder lainnya.

Dijelaskan Nanang, keberadaan Asrama Haji Provinsi Banten posisinya sangat strategis. Jarak dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai pemberangkatan dan pemulangan lebih dekat dibanding dengan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Jemaah Haji Provinsi Banten Kloter 02 Tiba di Tanah Air

Sementara Plt Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Banten Uesul Qurni juga menegaskan persiapan penerimaan jemaah haji sudah dilakukan dengan matang. Seperti menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dan alur proses pemulangan jemaah.

“Pada tahun ini pemulangan jemaah haji Banten tidak ke Asrama Haji Pondok Gede, tapi ke Asrama Haji Banten di Cipondoh. Persiapan penerimaan sudah kita maksimalkan,” kata pria yang juga selaku Penanggung jawab Pembangunan Asrama Haji Banten ini.

Diketahui, pemulangan jemaah haji asal Banten gelombang I sebanyak 11 kloter, dimulai kloter 2 jemaah haji Kota Tangerang. Mereka berangkat dari Bandara Jeddah, Sabtu (22/6/2024) pukul 06.00 Waktu Arab Saudi dan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (22/6/2924) pukul 20.00 WIB.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR