Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBeritaEnye-Enye, Cemilan Khas Banten dari Balaraja

Enye-Enye, Cemilan Khas Banten dari Balaraja

Tangerang, Bantentv.com – Balaraja merupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Banten, tepatnya di Kabupaten Tangerang. Menurut sejarah, Balaraja tersusun atas dua kata, bala atau bale dan raja. Dua kata tersebut diartikan sebagai tempat istirahat (bale) raja. Diartikan demikian karena dahulu raja-raja dari Kerajaan Banten menjadikan Balaraja sebagai tempat persinggahan atau tempat peristirahatan setelah berperang.

Seperti wilayah di Provinsi Banten, Balaraja juga memiliki jajanan khas yaitu enye-enye. Enye-enye adalah makanan ringan berbahan baku singkong. Olahan singkong ini dicampur dengan rempah-rempah yang membuat cita rasanya gurih dan nikmat. Setiap orang yang mencicipinya tidak berhenti mengunyah. Enye-enye sangat cocok untuk dicicipi dikala santai ataupun cemilan sebagai makanan pedamping saat makan berat.

Namun sayangnya enye-enye khas Balaraja ini sudah cukup langka. Singkong yang menjadi bahan baku utamanya sudah sulit ditemukan karena saat ini sudah jarang ditemui petani yang menanam singkong di Balaraja. Di sisi lain, kondisi cuaca yang tidak menentu juga menjadi alasan orang tidak lagi membuat enye-enye. Seperti diketahui, enye-enye membutuhkan proses penjemuran dengan panas matahari sebelum digoreng. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR