Kamis, Juli 25, 2024
BerandaUncategorizedDieng Culture Festival 2024 Kembali Digelar, Berikut Harga Tiket, Rangkaian Acara, Hingga...

Dieng Culture Festival 2024 Kembali Digelar, Berikut Harga Tiket, Rangkaian Acara, Hingga Lokasi

Bantentv.com – Salah satu acara tahunan yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia adalah Dieng Culture Festival. DCF adalah festival budaya yang digelar setiap tahun di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Acara ini menggabungkan pesona alam Dieng dengan berbagai pertunjukan seni budaya, tradisi lokal, serta usaha pemberdayaan masyarakat setempat. Festival ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010 oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, organisasi, dan pemerintah daerah. Tujuan utama dari festival ini adalah untuk melestarikan warisan budaya Dieng, memperkenalkan potensi wisata kawasan ini, dan meningkatkan ekonomi masyarakat Dieng.

DCF telah memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi di Dieng. Festival ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Selain itu, DCF juga membuat pendapatan masyarakat meningkat dengan menjual produk lokal dan jasa wisata.

Dieng Culture Festival 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024 mendatang. Festival ini akan menampilkan berbagai macam acara yang menarik, seperti pertunjukan seni budaya, ritual budaya, pameran produk lokal, dan kegiatan wisata.

Dieng Culture Festival biasanya berlangsung selama tiga hari berturut-turut dan menawarkan berbagai acara menarik, antara lain: Festival ini menampilkan beragam seni budaya tradisional, termasuk tari, musik, wayang kulit, dan ketoprak. Salah satu ritual terkenal di DCF adalah Ruwatan Bocah Rambut Gimbal, yang bertujuan untuk membersihkan anak-anak berambut gimbal dari nasib buruk.

Seperti yang dikonfirmasi oleh ketua Pokdarwis, lokasi Dieng Culture Festival 2024 ini masih belum dipastikan. Hal ini karena masih dalam koordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tahun lalu, Event Dieng Culture Festival 2023 tidak digelar menyusul adanya proyek strategis nasional (PSN) tentang penataan kawasan Dieng.

Sementara ini, informasi tiket belum resmi diluncurkan pada laman resmi Dieng Culture Festival. Sebagai tambahan informasi, pada DCF 2022 lalu, wisatawan harus mengantre untuk mendapatkan tiket tersebut dengan harga termurah dari Rp750.000 termasuk homestay.

Nah, untuk kalian yang tertarik bisa terus memantau informasi terbaru terkait Dieng Culture Festival 2024 melalui media sosial Instagram resminya di @festival_dieng.(azzah/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR