Kamis, April 25, 2024
BerandaKesehatanManfaat Getah Pepaya yang Belum Banyak Orang Tahu

Manfaat Getah Pepaya yang Belum Banyak Orang Tahu

Bantentv.com – Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dari daun hingga buah, tak terkecuali getah buahnya. Sayangnya belum banyak yang mengetahui manfaat getah buah pepaya, padahal getahnya memiliki kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Di dalam getah pepaya terdapat enzim protease yaitu papain dan kimopapain. Selain itu, lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya. Dari kandungan zat-zat baik di dalamnya tersebut, berikut manfaat getah pepaya bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu gunakan.

  1. Mengobati tumit kaki pecah-pecah

Getah pada buah pepaya ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya ialah mengatasi tumit pecah-pecah.Kulit pada tumit kaki yang pecah-pecah merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh sebagian orang.

Tumit kaki yang pecah ternyata bisa diatasi dengan getah buah pepaya. Caranya yakni dengan memilih buah pepaya yang masih muda. Setelah dicuci bersih berikan goresan pada kulit buah dan tunggu beberapa saat sampai getah berwarna putih pekat keluar dari buahnya.

Kemudian, oleskan pada tumit kaki yang mengalami pecah-pecah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar tumit yang pecah-pecah segera membaik.

  1. Mengobati luka bakar

Selain mengatasi tumit yang pecah-pecah, getah buah pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Ketika terjadi luka akibat percikan api atau benda yang panas, langkah pertama dalah membuat agar bagian tubuh yang terkena luka bakar dingin terlebih dahulu.

Langkah ini bisa dilakukan dengan cara menyiram bagian luka dengan air mengalir sekitar 30 menit.

Setelah itu bisa mengoleskan secara perlahan getah papaya pada bagian luka bakar. Getah pepaya ini diyakini dapat mencegah luka bakar yang semakin parah.

Selain mengobati luka bakar baru, getah buah pepaya juga disebut bisa hilangkan bekas luka bakar.

Caranya masih sama yaitu mengambil buah pepaya muda yang sudah dicuci bersih lalu kulit buah digores hingga keluar getah putih pucat. Kemudian, getah bisa segera dioleskan pada bekas luka bakar. Manfaat getah pepaya ini akan semakin terlihat ketika cara ini dilakukan dengan rutin.

  1. Menghilangkan jerawat

Tak hanya bisa mengobati luka bakar tetapi getah pepaya juga ternyata bisa menghilangkan jerawat. Namun belumbanyak yang tahu kalau getah pepaya punya khasiat yang bisa menghilangkan jerawat. Caranya juga cukup mudah, pertama bersihkan wajahmu terlebih dahulu agar wajah terhindar dari bakteri penyumbat pori-pori. Kedua, oleskan getah pepaya menggunakan kapas di area wajah yang berjerawat. Ketiga, diamkan sampai getah tersebut mengering. Bilas dengan air hangat untuk mengangkat sisa getah yang ada di wajah. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

  1. Obati kulit melepuh

Jika kamu mengalami kondisi kulit yang melepuh akibat terkena panas, langsung saja bersihkan bagian luka dengan air hingga bersih lalu oleskan getah pepaya muda yang sudah dibersihkan pada bagian kulit yang melepuh. Jika luka yang diderita cukup besar, kamu bisa memarut buah pepaya muda hingga halus lalu menempelkannya pada bagian luka.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR