Kamis, Juli 25, 2024
BerandaInHouseFeatureTips Kuliah ke Luar Negeri dengan IPK Kecil

Tips Kuliah ke Luar Negeri dengan IPK Kecil

Serang, Bantentv.com – Mendapatkan beasiswa merupakan impian semua orang apalagi berkesempatan mendapat beasiswa ke luar negeri. Namun terkadang impian untuk mendapatkan beasiswa ini kandas karena nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) rendah.

IPK sangat penting karena bisa menilai bagaimana hasil kuliah seorang mahasiswa. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri meski nilai IPK kecil?

Berikut empat tips mendapatkan beasiswa ke luar negeri meski nilai IPK kecil :

  1. Perbanyak Pengalaman

Pengalaman yang dimaksud yaitu pengalaman kerja, riset atau magang. Meskipun memiliki IPK kecil, namun memiliki banyak pengalaman bisa menambah nilai plus.

  1. Membuat Motivation Letter

Motivation Letter merupakan surat yang menceritakan alasan, tujuan, serta motivasi ingin belajar di negara tujuan. Biasanya surat ini dikirimkan bersamaan dengan dokumen persyaratan lainnya. Dalam motivation letter, buatlah pemberi beasiswa terkesan oleh semangatmu, tentunya dengan bahasa yang rapid an lugas.

  1. Mengikuti Organisasi

Pemberi beasiswa tidak hanya menilai dari sisi akademis saja tetapi juga menilai dari segi kemampuan dalam mengahadapi banyak persoalan. Mengikuti organisasi biasanya bisa melatih seseorang dalam menghadapi permasalahan dan berbagai karakter orang.

  1. Cari Negara yang Pakai Bahasa Non-Inggris

Tidak semua beasiswa luar negeri mewajibkan mahasiswanya memakai Bahasa Inggris dalam perkuliahannya, sehingga skor TOEFL/IELTS tidak menjadi persyaratan pendaftaran. Beberapa negara yang tidak menuntut nilai skor TOFL/IELTS yaitu Belanda, Spanyol, Jepang, Itali, dan masih banyak lagi. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR