Selasa, Juni 25, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Hari Pahlawan yang Diperingati 10 November

Mengenal Hari Pahlawan yang Diperingati 10 November

Serang, Bantentv.com – Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia. Peringatan hari pahlawan ini dijadikan momentum untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan di masa lalu. Selain itu, moment ini juga untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda saat ini.

Pada 10 November 1945, hari itu merupakan sejarah hari pahlawan yang mengacu pada peristiwa pertempuran besar di Surabaya. Perang tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 minggu lamanya dan memakan puluhan ribu korban.

Pertempuran tersebut merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi bangsa Indonesia melawan penjajah. Perang itu juga merupakan perang pertama Indonesia pasca kemerdekaan.

Pada tanggal 29 Oktober 1945, keadaan mulai berangsur mereda setelah gencatan senjata antara pihak Indoensia dan pihak tentara Inggris ditandatangani. Namun, bentrokan bersenjata tetap terjadi antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya.

Kematian Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945 menyebabkan tentara Inggris marah kepada pihak Indonesia dan menyebabkan bentrokan-bentrokan tersebut semakin memuncak. Hal tersebut membuat Jenderal Mallaby digantikan oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh dan mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945.

Ultimatum tersebut berisikan pihak Inggris meminta pihak Indonesia untuk menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Apabila orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris, maka pihak Inggris memberikan ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara secara besar-besaran. Mereka juga meminta kepada para pemimpin bangsa Indonesia dan pemuda Surabaya untuk datang pada tanggal 10 November 1945.

Masyarakat Surabaya sama sekali tidak memperdulikan ultimatum tersebut. Hal itu membuat pertempuran besar di Surabaya tepat pada tanggal 10 November. Pertempuran tersebut membuat 20.000 rakyat Surabaya dan 1.600 tentara Inggris tewas, hilang dan luka-luka serta kota Surabaya dijuluki kota ‘’neraka’’.

Selain itu, sekitar 150.000 orang dipaksa meninggalkan Kota Surabaya, karena perang tersebut menyebabkan kerugian yang sangat besar. Meski begitu, semangat juang para pemuda Surabaya yang membara dan tak kenal menyerah itulah menjadi dasar kota Surabaya dikenang sebagai kota pahlawan. Adapun tanggal 10 November diperingati setiap tahunnya sebagai hari pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pemuda Surabaya. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR