Minggu, April 14, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Hari Ayah Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 12 November

Mengenal Hari Ayah Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 12 November

Bantentv.com – Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap peran ayah atau bapak sebagai kepala keluarga.

Hari Ayah Nasional pertama kali diusulkan oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada 12 November 2006. Peringatan Hari Ayah Nasional ini bermula saat  PPIP merayakan hari ibu dengan mengadakan lomba menulis surat untuk ibu pada 22 Desember 2004 lalu. Kemudian, sejumlah peserta lomba mempertanyakan kapan pelaksanaan lomba menulis surat untuk ayah.

Hal tersebut, membuat PPIP menggelar diskusi untuk merumuskan peringatan Hari Ayah Nasional. Kemudian, pada tanggal 12 November 2006 PPIP pertama kali mendeklarasikan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada masa pemerintahan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain di Solo, deklarasi juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT.  Dalam deklarasi tersebut, juga ada peluncuran buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisikan 100 surat anak Nusantara hasil seleksi dari lomba menulis Surat untuk ayah.

Setelah deklarasi, mereka mengirimkan buku dan piagam kepada presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat wilayah Indonesia antara lain, Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Semenjak kejadian tersebut setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional Indonesia. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR