Minggu, April 14, 2024
BerandaInHouseFeatureHal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Memperingati Hari Pangan Sedunia

Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Memperingati Hari Pangan Sedunia

Serang, Bantentv.com – Tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Seperti peringatan pada umumnya, Hari Pangan Sedunia juga memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini FAO mengusung tema “Leave No One Behind” atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “Tidak Ada Satupun yang Tertinggal.”

Tema ini memiliki arti bahwa pada setiap pembangunan dan kemajuan zaman, tidak boleh ada satu orangpun yang tertinggal. Tema ini diusung karena faktanya masih banyak orang yang masih tertinggal dalam arti tidak mampu membeli makanan sehat.

Tujuan peringatan Hari Pangan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan. Demi tercapainya tujuan peringatan Hari Pangan Sedunia, ada banyak hal-hal baik yang bisa dilakukan. Mulai dari hal terkecil dari diri kita, beberapa perbuatan di bawah ini memberikan dampak penting bagi dunia pangan.

  1. Tanggung jawab terhadap produk makanan yang dibeli

Ketika membeli produk pangan, upayakan membeli makanan yang sehat dan segar serta hanya membeli produk pangan yang dibutuhkan.

  1. Menanam tanaman sendiri

Sebagai upaya mandiri pangan, kita bisa menanam tanaman sayur dan buah yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah. Memanen hasil tanaman untuk dikonsumsi pribadi akan menciptakan kepuasan sendiri serta terjamin keamanannya.

  1. Kurangi limbah makanan dengan gerakan makan sampai habis

Limbah makanan di Indonesia terhitung masih sangat besar. Oleh karena itu cobalah mengurangi limbah makanan dengan cara habiskan apa yang dikonsumsi serta konsumsilah apa yang sudah dibeli.

  1. Berbagi makanan

Aksi berbagi makanan kepada orang-orang yang membutuhkan dan kurang beruntung dalam mendapatkan pangan yang sehat dan baik, tentunya akan sangat bermakna dan sesuai dengan tujuan peringatan Hari Pangan Sedunia.

  1. Dukung produk pangan loKal

Salah satu gerakan yang digalakkan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia adalah membeli produk pangan terdekat. Maka belilah makanan atau produk hasil pangan dari daerah terdekat tempat tinggal. Membeli produk pangan local juga turut meningkatkan kesejahteraan para petani daerah.

Itulah beberapa upaya yang bisa kita lakukan sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan tujuan Hari Pangan Sedunia. Mengutip perkataan Bung Karno tentang pangan, “Pangan adalah persoalan hidup dan mati suatu bangsa.” Jadi, selamat Hari Pangan Sedunia! (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR