Minggu, April 14, 2024
BerandaInHouseFeatureBuah-buahan yang Paling Banyak Dihasilkan di Indonesia

Buah-buahan yang Paling Banyak Dihasilkan di Indonesia

Serang, Bantentv.com – Di Indonesia terdapat banyak macam buah mulai dari pisang, manga, pepaya dan masih banyak yang lainnya. Selain rasanya yang manis, buah juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu tak heran jika buah disukai oleh banyak orang.

Mengutip laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS), produksi tanaman buah-buahan Indonesia mencapai 24,87 juta ton pada 2020. Sedangkan pada tahun 2021, produksi buah di Indonesia meningkat sekitar 1,1 juta ton, sehingga menjadi 25,97 juta ton.

Berdasarkan data BPS 2021, buah yang paling banyak dihasilkan Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Pisang

Buah berkulit kuning ini merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan banyak dimanfaatkan untuk membuat olahan seperti es pisang ijo, bolu pisang, pisang goreng, keripik pisang dan masih banyak yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika buah yang satu ini menjadi yang paling banyak dihasilkan di Indonesia, dengan total 8,7 juta ton pada tahun 2021.

  1. Nanas

Buah segar ini identik dengan warna kuning dan memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Nanas sering digunakan untuk berbagai macam olahan seperti selai, kue kering, manisan dan lain-lain. Buah ini menempati urutan kedua yang paling banyak diproduksi di Indonesia dengan total 2,88 juta ton pada tahun 2021.

  1. Mangga

Mangga memiliki cita rasa manis dan tak heran jika terpilih menjadi salah satu buah yang banyak diproduksi di Indonesia. Mangga mempunyai macam jenis antara lain mangga harum manis, mangga darmayu, mangga gedong gincu dan sebagainya. Buah ini memiliki total produksi mencapai 2,83 juta ton.

  1. Jeruk siam atau keprok

Jeruk siam atau keprok mudah sekali ditemukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Buah dengan warna kulit perpaduan oranye dan hijau ini memiliki kulit tipis sehingga mudah dikupas dan mempunyai cita rasa yang manis. Buah ini memiliki total produksi di Indonesia 2,4 juta ton.

  1. Durian

Meski memiliki kulit yang berduri dan aroma bau yang menyengat, tetapi faktanya hampir semua masyarakat Indonesia menyukai buah ini. Buah ini diproduksi dengan total mencapai 1,35 juta ton pada tahun 2021. Tidak heran jika durian menduduki posisi lima buah paling banyak diproduksi di Indonesia. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR