Selasa, Juni 25, 2024
BerandaBeritaTingkatkan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 2 Banten Luncurkan STID dan SIMON TKBM

Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan, Pelindo Regional 2 Banten Luncurkan STID dan SIMON TKBM

Cilegon, Bantentv.com – PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Banten meluncurkan implementasi sistem layanan Single Truck Identification Data (STID) dan Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM) di gedung Banten Center, Pelindo Regional 2 Banten, Kamis pagi, 14 Juli 2022. Peluncuran tersebut bertujuan untuk pemangkasan birokrasi dan peningkatan pelayanan di Pelabuhan Indonesia. Sehingga kedepan layanan STID dan SIMON TKBM bisa diberlakukan di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon.

General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten, Agung Fitrianto mengatakan sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba terhadap sistem tersebut dari bulan April, dan pada bulan Juli ini STID dan SIMON TKBM dilaunching, serta sudah mulai diberlakukan secara penuh. Nantinya aplikasi tersebut akan mendata angkutan logistik maupun tenaga kerja.

“Awalnya STID dan SIMON TKBM sudah uji coba sejak April, dan Juli ini sudah diluncurkan serta sudah diterapkan,” ujar GM PT Pelindo Regional 2 Banten.

Sementara itu, penerapan STID dan SIMON TKBM ini bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan transportasi di pelabuhan, sehingga bisa mengurangi biaya logistik dari angkutan melalui aplikasi sistem yang telah diluncurkan oleh Pelindo.

“Tujuannya untuk mempermudah dan melancarkan transportasi di pelabuhan,” terang Agung.

Sementara itu Staf Ahli Kemenko Maritim dan Investasi Bidang Manajeman Konektivitas Kemenko Marves, Sahat Manaor Panggabean, mengatakan dengan adanya sistem tersebut semua layanan di Pelindo dapat transparan dan efisien sehingga tidak lagi terjadi birokrasi yang terkesan bertele-tele.

“Setelah sistem ini diterapkan, kita harapkan dapat lebih transparan dan efisien. Untuk itu, nantinya diperlukan kerja sama antara para pengusaha dan otoritas pelabuhan agar sistem ini berjalan baik,” tegas Sahat.

Peluncuran sistem layanan STID dan SIMON TKBM ini merupakan yang kedua di Indonesia lantaran Pelindo Regional 2 Banten merupakan salah satu pilot project dari penerapan sistem layanan tersebut.

Diketahui sebelumnya, Rabu 13 Juli telah dilaksanakan sosialisasi penerapan Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM) di wilayah kerja Kantor KSOP Kelas I Banten yang bertempat di ruang rapat kantor lantai 2. Sosialisasi tersebut dilakukan terhadap sejumlah stakeholder terkait guna melancarkan penerapan STID dan SIMON TKBM nantinya. (ali/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR