Senin, Juni 24, 2024
BerandaBeritaPuluhan Anak di Kota Cilegon Jadi Korban Eksploitasi

Puluhan Anak di Kota Cilegon Jadi Korban Eksploitasi

Cilegon, Bantentv.com – Pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) nasib menyedihkan masih dirasakan oleh puluhan anak di Kota Cilegon mengalami nasib menyedihkan lantaran menjadi korban eksploitasi oleh orang tua maupun keluarganya sendiri untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan menyuruh anak untuk mengamen atau meminta-minta di pinggir jalan.

Plt Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon, Agus Zulkaranain mengatakan hal tersebut masih kerap terjadi di Kota Cilegon selain berdasarkan data yang diperoleh pihaknya juga terlihat di lapangan jika masih banyak anak yang dieksploitasi.

Sementara itu, bentuk eksploitasi pada anak biasanya terjadi dalam bentuk anak didorong untuk bekerja seperti mengamen ataupun meminta-minta di jalanan.

“Anak-anak yang di eksploitasi untuk sumber ekonomi keluarga yang kita liat ada di jalan-jalan. Nah ini perlu adanya kerjasama dari OPD terkait khususnya Satpol PP, dan juga dinas sosial untuk dilakukan penertiban dan upaya pencegahan sebagai eksploitasi anak. Daftar ditahun ini ada sekitar 40 orang anak yang menjadi korban eksploitasi,” ujarnya.

Agus menjelaskan untuk menghadapi persoalan tersebut perlu peran serta bersama semua stakeholder. Peran masyarakat juga sangat diperlukan agar anak-anak di Kota Cilegon bisa terhindar dari tindakkan eksploitasi.

Berdasarkan data yang diperoleh sekitar empat puluh anak di Kota Cilegon menjadi korban eksploitasi maupun kekerasan.(ali/red)

TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR