Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBeritaCegah DBD, Dinkes Kabupaten Serang Dorong Masyarakat Galakkan PSN

Cegah DBD, Dinkes Kabupaten Serang Dorong Masyarakat Galakkan PSN

Serang, Bantentv.com – Masyarakat di Kabupaten Serang diimbau untuk selalu waspada terkait kasus demam berdarah. Masyarakat didorong untuk terus menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk. Hal itu dilakukan untuk mencegah tumbuhnya nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebar demam berdarah dengue atau DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Rahmat Fitriadi, mengatakan bahwa pihaknya mendorong masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan menerapkan 3 M dan pemberantasan sarang nyamuk.

Menurutnya untuk kasus DBD di Kabupaten Serang pada bulan ini ada penurunan dibanding bulan sebelumnya. Untuk itu masyarakat pun terus didorong untuk selalu menjaga lingkungan agar terhindar dari nyamuk yang menyebabkan DBD.

Kondisi cuaca yang tidak menentu ini menyebabkan timbulnya genangan-genangan air yang menjadi tumbuhnya jentik nyamuk DBD.

“Bulan ini sudah menurunan kasus yang signifikan, bulan kemarin ada 93 kasus, yang sekarang jadi 31 kasus. Ini tentunya pengaruhnya adalah akibat dari masyarakat kita sudah mulai bersih-bersih lingkungan, dan memberantas sarang nyamuk, dengan menerapkan 3 M,” kata Rahmat Fitriadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.

Untuk masyarakat diminta menerapkan 3 M yakni menguras tempat atau wadah penampung air, menutup tempat penampungan air, dan menimbun barang-barang bekas. Pihaknya pun meminta warga yang merasakan gejala DBD seperti gejala panas, demam, untuk segera diperiksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan.(riki/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR