Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureSerunya Menikmati Alat Musik Petik di Pagelaran Festival Batara Endah Sora

Serunya Menikmati Alat Musik Petik di Pagelaran Festival Batara Endah Sora

Lebak, Bantentv.com – Sebanyak lima alat musik petik dari berbagai daerah di Indonesia dimainkan bersama oleh Komunitas Pecinta Musik Tradisional yang digelar di Museum Multatuli, Lebak, Banten. Pertunjukan tersebut digelar dalam Pagelaran Festival Batara Endah Sora, Sabtu malam 22 Oktober 2022.

Lima alat musik petik yang dikolaborasikan diantaranya adalah kacapi buhun dari Banten, siter dari Jawa Tengah, sasando dari Nusa Tenggara Timur, kulcapi dari Sumatera Utara, dan sape dari Kalimantan.

Perpaduan lima alat musik dengan bunyi khasnya masing-masing itu dimainkan secara bersamaan. Sehingga menghasilkan suara yang begitu unik dan enak didengar. Suara perpaduan alat-alat music itu membuat siapapun yang mendengarnya bisa merasa tenang. Hal ini terlihat dari seluruh masyarakat yang hadir terbawa suasana.

Tujuan dari pertunjukan ini adalah bagian dari upaya mempertemukan alat musik petik khas Indonesia agar lebih dikenal dan dilestarikan serta bisa dinikmati kaum milenial. Pertemuan lima alat musik petik khas Indonesia yang menghasilkan suara berbeda dan khas ini bisa memicu generasi muda untuk lebih mendalami nilai-nilai budaya yang ada di setiap daerah. Selain itu harapan utamanya adalah  alat musik tradisional di setiap daerah bisa semakin dikenal khalayak tanpa tergerus modernisasi. (nano/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR