Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaKerjasama TPSA Bagendung dengan Pemkab Serang Hanya Sementara

Kerjasama TPSA Bagendung dengan Pemkab Serang Hanya Sementara

Cilegon, Bantentv.com – Perwakilan Pemerintah Kabupaten Serang bersama Pemerintah Kota Cilegon membahas rencana kerjasama pemanfaatan tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Bagendung Selasa, 13 September 2022 petang untuk menampung sampah dari wilayah Kabupaten Serang.

Rapat pembahasan ini dilakukan untuk menindaklanjuti aspirasi warga sekitar TPSA Bagendung yang meminta adanya kompensasi dari kerjasama tersebut. Penjajakan kerjasama pembuangan sampah ini dihadiri oleh Asisten Daerah I Pemkab Serang, Nanang Supriatna yang didampingi jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, serta Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra. Pertemuan tersebut dihadiri juga Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kota Cilegon, Dana Sujaksani.

Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Ahmad Azis Setia Ade Putra menjelaskan dibuangnya sampah-sampah rumah tangga dari Kabupaten Serang ini karena Pemkab Serang belum memiliki TPSA, sehingga Kota Cilegon siap menampung. Meskipun diketahui, besaran nilai putaran retribusi yang diajukan Pemkot Cilegon kepada Pemkab Serang belum disepakati. Pemkot Cilegon mengajukan tarif tertinggi sebesar Rp 85.000/m3.

Di sisi lain, Asda I Setda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan rencana kerjasama ini dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Serang kesulitan untuk membuang sampah rumah tangga karena belum memiliki TPSA.

“Saat ini Pemkab Serang belum mempunyai TPSA, jadi kita tertarik menjalin kerjasama dengan Pemkot Cilegon yang sudah memiliki TPSA dan mengelolanya menjadi bahan bakar,” ujar Nanang.

Selanjutnya, kerjasama pemanfaatan TPSA Bagendung ini bersifat sementara sambil menunggu rampungnya TPSA Bojong Menteng di Kabupaten Serang. Info lainnya, banyaknya sampah yang akan dikirimkan dari wilayah Kabupaten Serang sebanyak 50 truk atau setara 300 m3 setiap harinya. (ali/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR