Kamis, Juli 25, 2024
BerandaBeritaBPBD Banten Petakan Daerah Rawan Kekeringan

BPBD Banten Petakan Daerah Rawan Kekeringan

Serang, Bantentv.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis provinsi yang akan berpotensi mengalami kekeringan pada tahun 2024 ini. Salah satu adalah Provinsi Banten.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana mengaku sudah mempunyai pengalaman tahun 2023 lalu, bagaimana menangani bencana kekeringan. Saat itu beberapa bulan wilayah Banten mengalami kekeringan yang disebabkan el nino.

Ia juga memastikan pada tahun 2024 ini, penanganan kekeringan tidak akan terjadi kelambatan  seperti yang pernah terjadi pada tahun lalu. Selain itu, pihaknya telah melakukan pemetaan dengan melihat daerah-daerah yang tahun kemarin mengalami kekeringan.

Berdasarkan catatan BPBD Provinsi Banten, pada tahun 2023 lalu, bencana kekeringan terjadi di 58 kecamatan di Provinsi Banten. Kecamatan paling banyak dan paling parah mengalami kekeringan ada di Kabupaten Lebak.

“Terkait informasi dari peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, kita sudah antisipasi dan udah pengalaman di tahun lalu. Jadi kita sudah mempetakan beberapa sektor sehingga kitaa bisa lebih cepat penanganannya dan tidak terjadi keterlambatan seperti tahun kemarin,”kata Nana Suryana Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten.

Diketahui, sesuai prediksi BMKG akan ada sejumlah daerah yang akan mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Karena itu, daerah-daerah tersebut diminta untuk melakukan kesiapsiagaan. (hendra/red)

 

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR