Kamis, April 25, 2024
BerandaWisataTahun 2023, Kampung Durian Jagabaya Mandiri di Kota Serang Dibuka 

Tahun 2023, Kampung Durian Jagabaya Mandiri di Kota Serang Dibuka 

Serang, Bantentv.com – Selain Wisata Mahoni Bangun Sentosa atau MBS, Banten International Stadium atau BIS, di Kelurahan Kamanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang ini, juga terdapat potensi yang sangat bagus untuk perkembangan yakni potensi wisata kampung durian bernama Jagabaya Mandiri (JM) yang bertempat di Lingkungan Jagabaya.

Iyan, Pengelola kampung durian Jagabaya Mandiri (JM) Serang saat ditemui di lokasi menerangkan bahwa kampung durian ini berdiri di lahan seluas kurang lebih 4 hektar, dengan sedikitnya lahan tersebut ditanami 300 pohon durian dengan jarak tanam 8 hingga 10 meter perpohon.

Saat ini Kampung Durian Jagabaya Mandiri fokus terhadap pengembangan agrowisata dan pengembangbiakan tanaman dengan cara okulasi yang meliputi beberapa jenis tanaman durian seperti durian Musang King, Urtimac, Bawor, Kromo Banyumas, Duri Hitam, durian Tembaga, Matahari, dan lain – lain yang kesemuanya telah didaftarkan dan tersertifikasi.

Selain durian, tanaman yang juga akan dikembangkan adalah vanila atau vanilli, kelapa kopyor, jambu air dan jambu kristal, lada serta jeruk.  Saat ini Jagabaya Mandiri belum dibuka untuk umum, hanya saja bagi sekolah maupun untuk keperluan penelitian Iyan memperbolehkannya, dengan catatan harus meminta izin pihaknya terlebih dahulu. “Untuk saat ini sih kita belum dibuka untuk umum ya… paling kalo untuk penelitian atau belajar, bisa ijin dulu, untuk umum kemungkinan Insya Allah tahun depan dibuka,” ujarnya.

Sementara itu terkait perijinan lokasi tersebut, Iyan menerangkan bahwa pihaknya telah mendapatkan ijin terkait wisata tersebut. Akan tetapi saat ini pihaknya masih harus mempersiapkan lokasi kampung durian itu menjadi agrowisata dan edukasi khususnya bagi anak sekolah dan masyarakat pada umumnya.

“Kalau perijinan Alhamdulillah sudah, tapi progres kita masih 80 persen, jadi masih belum dibuka untuk umum, nantilah mungkin tahun depan sambil mempersiapkan yang lainnya, seperti kebun dan peternakan,” imbuh Iyan.

Terkait dengan kampung durian yang menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh kelurahan Kamanisan, dirinya mengajak masyarakat sekitar untuk belajar mengembangbiakkan tanaman yang ada di Jagabaya Mandiri, sehingga nanti ketika telah berhasil mengembangbiakkan tanaman tersebut, hasilnya akan ditampung di Jagabaya Mandiri.

“Saya mengajak juga untuk masyarakat belajar okulasi, nanti kalau sudah bisa, silakan warga yang sudah ada, bikin nanti saya tampung hasilnya,” ujar Iyan Pengelola Jagabaya Mandiri.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR