Kamis, April 25, 2024
BerandaWisataKulinerTahu Siksa Kuliner Khas Betawi yang Legendaris

Tahu Siksa Kuliner Khas Betawi yang Legendaris

Bantentv.com – Tak hanya dikenal dengan ragam keindahan alamnya, Indonesia juga dikenal dengan ragam kekayaan kuliner tradisionalnya. Berbagai daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner andalan.

Kuliner Indonesia kali ini adalah tahu siksa, tahu siksa ini merupakan kuliner legendaris berasal dari Betawi. Jika kamu masyarakat Tangerang ingin mencicipi tahu siksa ini, kamu bisa dapatkan di Perempatan Bunderan Bugel Jalan Pemda Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Di sana , kamu bisa menemui beberapa pedagang tahu siksa gurilem.

Tahu siksa ini adalah tahu kuning yang dibumbui hanya dengan garam, kemudian dimasak hanya menggunakan minyak yang sangat sedikit, di atas wajan yang berbentuk bulat dan datar.

Tahu ‘dipaksa’ untuk matang dengan cepat di atas minyak panas, namun hanya dengan api kecil dan minyak yang sedikit. Cara memasak tahu siksa ini juga harus menggunakan strategi memasak lambat atau slow cooking. Itulah mengapa dinamakan dengan tahu siksa, karena dimasaknya seakan-akan seperti disiksa.

Waktu dulu, tahu siksa ini mudah ditemui ketika ada acara perayaan orang Betawi, seperti pernikahan atau perayaan adat Betawi lainnya. Penjual tahu siksa juga banyak dijajakan ketika ada tontonan layar tancep.

Penyajian kuliner unik ini akan lebih nikmat dimakan bersama sambal kacang atau cabe rawit hijau. Bisa juga disandingkan dengan kuliner tradisional Betawi yaitu bir pletok atau teh manis hangat.

Walaupun tampak sederhana kuliner ini sangat wajib dicoba bagi kamu para penjelajah kuliner tradisional.(erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR