Minggu, Mei 19, 2024
BerandaWisataDesa Sukajadi Carita Bakal Dijadikan Desa Wisata

Desa Sukajadi Carita Bakal Dijadikan Desa Wisata

PANDEGLANG – Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Banten Bersama Kemenparekraf RI, Untirta, dan Monash University tengah mengembangkan Desa Sukajadi Carita, Kabupaten Pandeglang. Desa tersebut direncanakan bisa dikembangkan menjadi potensi desa wisata baru di Pandeglang.

Menurut Sekretaris ISEI Banten Mira Maulani Utami. Berdasarkan hasil penelitian dan pemetaan potensi desa dari tim bersama masyarakat. Potensi wisata di Desa Sukajadi ini sangat beragam. Karena Desa Wisata Sukajadi Carita Pandeglang banyak memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan. Seperti ssungai, agro wisata, perbukitan, areal persawahan, dan hutan bakau atau wisata mangrove.

“Potensi wisata agro di Bukit Carita tengah kami kembangkan Bersama masyarakat. Kita juga sedang optimalkan pemanfaatan sungai untuk wisata mangrove. Kemudian, kita juga menciptakan destinasi wisata baru yang bersifat konservasi dan edukasi terhadap generasi muda untuk menjaga lingkungan hidup,” ungkap Mira yang juga selaku pendamping SDM Desa Sukajadi Carita.

Dikatakan Mira, saat ini masyarakat Desa Sukajadi juga kompak untuk bersama-sama menjadikan desa tersebut sebagai desa wisata. Tak berbeda jauh dengan desa wisata lainnya, pokdarwis atau kelompok sadar wisata juga turut andil mengajak warga di desa tersebut untuk bersama menjaga lingkungan.

“Hal tersebut juga tidak terlepas dari peran orang – orang yang peduli akan lingkungan dan kesadaran untuk menjaga tempat wisata,” tuturnya.

Menurut Mira, ke depan tim juga akan membuat paket – paket wisata di Desa Sukajadi Carita tersebut. Seperti, paket two tour exciting yang meliputi pantai, Bukit Carita, sawah, dan kano adventure. Serta paket agrowisata tour di Bukit Carita di Desa Wisata Sukajadi.

“Ini yang menjadi fokus pengabdian kami untuk membangkitkan perekonomian di desa wisata tersebut. Dan program itu juga merupakan salah satu program dengan Kemenparekraf RI untuk memajukan desa wisata,” ujarnya. (qny/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR