Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPolitikNasionalTNI Angkatan Laut Jadi Angkatan Laut Terkuat ke-4 di Dunia

TNI Angkatan Laut Jadi Angkatan Laut Terkuat ke-4 di Dunia

Bantentv.com – Memiliki laut yang terbentang luas, Indonesia dikenal sebagai negara dengan negara kepulauan. Untuk itu, negara ini sangat perlu keamanan yang ketat di laut Indonesia agar tidak sembarang negara yang masuk ke laut Indonesia.

Belum lama ini, Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis daftar Peringkat Kekuatan Angkatan Laut Global 2023.

Dalam rilisnya tersebut, Indonesia menjadi negara keempat setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan Rusia yang termasuk negara dengan keamanan laut terkuat.

Indonesia menduduki posisi ke 4 dari 36 negara yang masuk dalam survey True Value Rating (TvR).

Tvr adalah indikator penilaian kekuatan militer berdasarkan jumlah alat tempur, dukungan logistic, kemampuan serangan, kemampuan pertahanan, dan lainnya.

Posisi pertama negara yang masuk True Value Rating adalah Amerika Serikat dengan poin palin tertingg 323,9 yang dipegang Angkatan Laut Amerika Serikat.

Posisi kedua yaitu China dengan skor TvR 319.8 yang dipegang oleh Angkatan Laut China.

Posisi ketiga dipegang oleh Angkatan Laut Rusia dengan skor True Value Rating sebesar 242.3.

Selanjutnya adalah Indonesia yang menduduki posisi keempat dengan skor TvR 137,3 poin.

Menurut data yang dihimpun World Directory of Modern Military Warships (WDMMW), Indonesia bisa menduduki peringkat keempat karena, Indonesia memiliki 243 armada tempur laut per Juli 2023, dengan rincian sebagai berikut :

  • 4 kapal selam
  • 7 fregat (kapal perang yang biasa digunakan untuk patroli samudra, pengawalan armada dagang dan tanker di daerah rawan)
  • 25 korvet (kapal perang kecil)
  • 9 kapal peledak/penyapu ranjau (mine warfare)
  • 168 kapal patroli lepas pantai
  • 30 kapal tempur amfibi

Perlu diketahui, survey yang dilakukan World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) menggunakan formula dengan memperhitungkan nilai-nilai kekuatan tempur dari 36 negara di dunia. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR