Senin, Juni 24, 2024
BerandaPolitikNasionalSebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Bantentv.com – Pada bulan Februari 2024, terdapat dua peristiwa penting, yaitu Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024 dan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari 2024.

Saat periode tersebut diprakirakan kondisi cuaca cukup dinamis, sehingga perlu menjadi perhatian untuk warga masyarakat.

Berdasarkan rilis BMKG (7/10), sebagian besar wilayah di Indonesia menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin termasuk beberapa provinsi di Sumatera, Jawa dan Kalimantan pada Rabu, (7/2).

BMKG memonitor dengan model prakiraan cuaca menunjukkan bahwa beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia antara lain.

Hujan deras diprakirakan turun di wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat , Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.

Hujan dengan intensitas tinggi juga berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat serta Papua.

Secara umum pada saat Imlek (10 Februari) terdapat potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada siang hingga sore hari, sementara itu hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi pada siang hingga sore hari.

Kondisi cuaca pada saat pemilu (14 Februari 2024) umumnya berawan pada pagi – siang hari. Terdapat potensi hujan ringan di wilayah Jabodetabek saat siang menjelang sore hari.

Secara khusus beberapa kota besar di Nusantara memiliki potensi mengalami hujan petir termasuk Jambi, Surabaya, Samarinda dan Tarakan. Hujan sedang diprakirakan terjadi di kota Yogyakarta, Bandung, Ambon dan Makassar.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi dalam kategori waspada akibat dampak hujan pada hari ini yang dapat terjadi wilayahnya termasuk Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua. (setya/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR