Minggu, Juli 21, 2024
BerandaPolitikNasionalPemerintah akan Ganti Desain dan Warna Paspor Indonesia 

Pemerintah akan Ganti Desain dan Warna Paspor Indonesia 

Bantentv.com – Desain dan warna paspor Indonesia akan diganti. Jika biasanya desain paspor Indonesia hanya terlihat gambar burung garuda saja.

Namun, pada bulan Agustus tepatnya di hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 mendatang akan diumumkan perubahan desain dan warna paspor Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Imigrasi Kemeterian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI Silmy Karim yang mengatakan perubahan desain dan warna paspor bagi WNI akan dilakukan pada 17 Agustus 2025.

Meski perubahan desain dan warna paspor Indonesia akan diberlakukan tahun depan, perubahan tersebut akan diumumkan pada Hari Ulang Tahun RI tahun ini yakni 17 Agustus 2024.

Pergantian warna dan desain tersebut bertujuan untuk memperkuat keamanan paspor. Hal ini juga berdasarkan peraturan Internasional dimana setiap negara mengharuskan keamanan paspor harus diperkuat setiap tiga tahun sekali.

Pergantian desain dan warna pada paspor Indonesia juga akan memakai tinta UV, pita pengaman, dan teknologi hologram.

Perlu diketahui paspor Indonesia saat ini memiliki 48 halaman dan berlaku untuk 10 tahun. Ada tiga warna paspor yang dikeluarkan imigrasi Indonesia antara lain, paspor biasa berwarna hijau tosca, paspor dinas berwarna biru, dan paspor diplomatik berwarna hitam. (erina)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR