Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPolitikNasionalAtas Pernyataan Ceramahnya, Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Atas Pernyataan Ceramahnya, Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Bantentv.com – Gilbert Lumoindong seorang pendeta dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas ceramahnya yang menyinggung tentang zakat dan salat dalam Islam.

Pendeta Gilbert dilaporkan dengan pasal dugaan penistaan agama setelah video ceramah yang viral karena membandingkan salat dan zakat dalam agama islam dengan ibadah umat Kristen.

Video yang beredar tersebut adalah potongan ceramahnya yang diunggah akun X @Munir_Timur.

“Pendeta Gilbert kurang wawasan. Dalam Islam tidak hanya zakat, tapi ada infak, sedekah dan wakaf dg spektrum ibadah yang luas. Bisa kena pidana penistaan agama anda pendeta,” tulisnya pada keterangan video.

Video tersebut berdurasi kurang dari semenit menjelaskan ceramah di internal gereja ketika dirinya membandingkan zakat umat Islam sebesar 2,5 persen dengan umat Kristen sebesar 10 persen.

“Kita orang islam diajari bersih sebelum sembahyang, cuci semuanya. Saya bilang lu 2,5 persen, gua 10 persen, bukan berarti gua jorok, disucikan oleh darah Yesus,” ucap sang pendeta.

Setelah mengatakan itu, para jamaah yang berada di sana pun tertawa dan memberikan tepuk tangan kepada sang pendeta.

Tak berhenti di situ, Pendeta Gilbert juga membandingkan zakat umat Kristen 10 persen itu membuat umatnya tidak perlu repot bergerak dalam ibadah. Dia juga mengatakan umat Islam harus salat karena hanya zakat 2,5 persen.

Dalam video itu juga terlihat Pendeta Gilbert memperagakan gerakan mirip salat sambil mengatakan bahwa gerakan paling berat di akhir gerakan salat yakni harus melipat kaki yang mana semua orang tidak bisa melakukannya.

“Yang paling berat terakhirnya meski lipat kaki, gak semua orang bisa, iya kan? Kaki mesti dilipet ah iya tapi yaudahlah 2,5 persen,” katanya.

Perkataan yang dilontarkan Pendeta Gilbert lagi-lagi mengundang tawa oleh umat jamaahnya.

Setelah video potongan ceramahnya viral, Pendeta Gilbert pun menyampaikan permohonan maaf atas pernyataannya yang dinilai menistakan agama Islam. Dirinya pun menyampaikan maaf di hadapan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla.

Namun,  walaupun dirinya telah menyampaikan permohonan maaf, Pendeta Gilbert dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penistaan agama.(erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR